Tinjau Lahan Food Estate, Kapolda Kalteng Pastikan Keamanan Panen Raya

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 18:40 WIB
Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo
Foto: Polda Kalteng
Jakarta -

Kapolda Kalteng Irjen Pol Dedi Prasetyo bersama dengan Gubernur Kalimantan Tengah Sugianto Sabran mengunjungi Lumbung Pangan Nasional (Food Estate) di Desa Terusan Mulya, Kalimantan Tengah. Dedi mengatakan, kunjungan kerja tersebut dimaksudkan untuk meninjau lahan yang digunakan dalam program Food Estate.

"Kami meninjau langsung bagaimana kondisi lahan program food estate ini yang rencananya akan ditinjau langsung oleh Presiden RI Joko Widodo pada minggu ketiga Bulan Februari 2021 pada saat pelaksanaan panen raya. Semoga dengan pengecekan tersebut, kunjungan Bapak Presiden ke Bumi Tambun Bungai dapat berjalan lancar, aman dan kondusif," tuturnya dalam keterangan tertulis, Selasa (2/2/2021).


Adapun lahan yang ditinjau merupakan milik kelompok tani Muda Jaya yang berlokasi di Blok E Kiri Desa Terusan Mulya, Kapuas. Dedi menyebutkan, setidaknya ada 19 kelompok tani mengikuti pengelolaan lahan Food Estate seluas 1.000 hektare, dengan jenis benih yang digunakan yaitu jenis Hibrida Indonesia (Hifa 21), Infara 29, Infara 8 dan Infara 21.

"Saya berharap food estate di Terusan Mulya ini akan sukses dan sesuai harapan kita bersama saat panen raya nanti, sebagai wujud ketahanan pangan yang digadang-gadang oleh Presiden RI Joko Widodo," ujarnya.

Selanjutnya dari Kapuas, rombongan berangkat ke area Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Gunung Mas guna melakukan pengecekan langsung.

Untuk diketahui, dalam kunjungan tersebut turut hadir Danrem 102 Panju Panjung Brigjen TNI Purwo Sudaryanto, Balitbang Provinsi Kalteng, Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng, Camat Bataguh, Kapolsek Selat, Danramil 1011-04/Klk, serta para kepala desa dan kelompok tani di Kecamatan Bataguh, Kapuas.



Simak Video "Moeldoko Buka-bukaan soal Food Estate: Libatkan Prabowo-Anak SMK"
[Gambas:Video 20detik]
(mul/ega)