Bareskrim Periksa Abu Janda soal Dugaan Rasisme ke Natalius Pigai Lusa

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Selasa, 02 Feb 2021 14:45 WIB
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono (Foto: Adhyasta/detikcom)
Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono (Adhyasta/detikcom)
Jakarta -

Bareskrim Polri akan kembali memeriksa Permadi Arya atau Abu Janda lusa. Abu Janda akan diperiksa terkait dugaan rasisme terhadap eks Komisioner Komnas HAM, Natalius Pigai.

"Akan ditindaklanjuti lagi hari Kamis didasarkan LP Nomor 52, ini yang menyangkut Natalius Pigai. Yang bersangkutan akan diperiksa di Bareskrim Polri. Sekali lagi, hari Kamis (4/2) dengan LP nomor 52 yang tersangkut dengan Natalius Pigai. Tentunya semua akan diproses, ditangani penyidik Bareskrim Polri," ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono di Kantor Humas Polri, Jakarta, Selasa (2/2/2021).

Rusdi meminta masyarakat mempercayakan proses hukum terhadap Abu Janda terkait kasus tersebut kepada polisi. Dia memastikan Polri akan profesional dan terbuka dalam menangani kasus dugaan rasisme tersebut.

"Kami dari Polri tentunya jika suatu kasus telah dipercayakan, disesuaikan, dan diselesaikan melalui jalur hukum maka percayakan pada Polri untuk menyelesaikan itu semua sehingga tidak perlu melakukan tindakan-tindakan yang kontraproduktif yang berujung dengan kegaduhan. Yakini Polri akan menyelesaikan seluruh kasus yang dilaporkan secara professional, akuntabel, dan terbuka," jelas Rusdi.

Abu Janda pun sebelumnya berjanji akan kembali memenuhi panggilan Bareskrim perihal cuitannya terkait 'evolusi' terhadap Natalius Pigai. Dia mengaku siap menjalani pemeriksaan pada Kamis, 4 Februari, mendatang.

"Intinya aku pengin bilang, nggak ada warga negara yang spesial, intinya semua diperiksa. Hari ini saya masih diperiksa sebagai saksi. Polisi sudah profesional dengan pertimbangan-pertimbangan mereka. Mereka lebih tahu teknisnya. Hari ini saya masih menjadi saksi, dan proses masih berlanjut untuk pemeriksaan selanjutnya Kamis," ujar Abu Janda kepada wartawan di Gedung Awaloedin Djamin, Bareskrim Polri, Senin (1/2).

Selain terkait cuitan yang diduga mengandung rasisme terhadap Natalius Pigai, Abu Janda tengah menghadapi kasus terkait cuitan 'Islam arogan'. Kemarin, dia pun memenuhi panggilan Bareskrim dan dicecar 50 pertanyaan selama 12 jam terkait cuitan tersebut.

Simak juga video 'Abu Janda Diperiksa Terkait 'Islam Arogan'':

[Gambas:Video 20detik]



(mae/mae)