Round-up

Makin Kencang Suara Desakan Proses Hukum untuk Abu Janda

Tim detikcom - detikNews
Senin, 01 Feb 2021 07:42 WIB
Abu Janda pelapor Rocky Gerung diperiksa polisi
Permadi Arya atau Abu Janda (Foto: detikcom)
Jakarta -

Permadi Arya atau Abu Janda dipolisikan terkait cuitannya di Twitter yang menyebut 'Islam Arogan'. Desakan agar proses hukum untuk Abu Janda berjalan semakin kencang.

Bareskrim Polri sendiri diketahui akan memanggil Abu Janda hari ini. Pemanggilan dilakukan terkait dugaan ujaran SARA dan penistaan agama karena menyebut 'Islam arogan'.

Berikut ini beberapa desakan proses hukum untuk Abu Janda.

Muhammadiyah Proses Hukum Jadi Jawaban Pemerintah Tak Lindungi Abu Janda

PP Muhammadiyah menyebut banyak kalangan umat Islam yang gusar oleh pernyataan Abu Janda.

"Memang banyak pihak di kalangan umat Islam yang marah dengan berbagai pernyataan Abu Janda yang sering kali mendiskreditkan Islam dan muslim," kata Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti kepada wartawan, Sabtu (30/1/2021).

Abdul Mu'ti menilai wajar polisi memproses Abu Janda yang dilaporkan karena ujarannya. Proses yang dilakukan polisi, kata Abdul Mu'ti, merupakan jawaban bahwa tak seorang pun kebal di mata hukum.

"Kalau memang polisi memiliki alat bukti yang kuat, wajar apabila pernyataan Abu Janda diproses sesuai hukum yang berlaku. Langkah kepolisian memproses hukum Abu Janda menjadi jawaban bahwa polisi dan pemerintah tidak melindungi yang bersangkutan," ujarnya.