Bamsoet Apresiasi Komunitas Harley Sosialisasikan Empat Pilar

Erika Dyah Fitriani - detikNews
Minggu, 31 Jan 2021 16:55 WIB
Ketua MPR Bambang Soesatyo
Ketua MPR Bambang Soesatyo (Foto: MPR)
Jakarta -

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengapresiasi Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) yang turut serta mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI. Langkah ini termasuk pada Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) organisasi HDCI.

Tak hanya itu Bamsoet turut mengapresiasi sikap HDCI yang menegaskan keikutsertaan organisasi ini sebagai anggota Keluarga Besar Ikatan Motor Indonesia (IMI). Hal ini senada dengan penyampaian Ketua Umum HDCI, Komjen Pol (Purn) Nanan Soekarna yang juga mantan Ketua Umum IMI 2011-2015 saat penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) HDCI Tahun 2021.

"Dengan segala kapasitas dan potensi yang dimiliki, HDCI telah mengambil peran sebagai duta pemersatu bangsa, duta Empat Pilar MPR RI. Senapas dengan kultur organisasi HDCI yang keanggotaannya bersifat inklusif dan merangkul semua golongan, tanpa membedakan latar belakang suku, agama, ras, ataupun afiliasi politik," ujar Bamsoet dalam keterangannya, Minggu (31/1/2021).

Bamsoet mengungkap adanya pesan kuat dalam Rakernas HDCI yang mengusung tema, 'Brotherhood Kokohkan Persatuan Bangsa, Ciptakan Aman, Imun, dan Iman.' Ia menambahkan konsep aman merupakan isyarat kepatuhan dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19, yaitu dengan 3M (memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun).

Lebih lanjut ia menjelaskan konsep imun mengamanatkan upaya menjaga imunitas tubuh dengan cukup istirahat, olahraga teratur, mengkonsumsi makanan bergizi dan seimbang, serta membiasakan sikap hidup positif dan penuh kegembiraan.

"Sedangkan konsep iman mendekatkan kita pada dimensi mentalitas dan spiritualitas, dengan beribadah sesuai agama dan kepercayaan masing-masing," jelas Bamsoet.

Ketua Umum IMI periode 2021-2024 ini pun menerangkan beberapa kesamaan yang menyatukan anggota komunitas antara lain semangat kebersamaan, jiwa solidaritas, dan penghormatan pada nilai-nilai persaudaraan atau brotherhood. Menurut Bamsoet, hal ini menjadikan komunitas dan klub otomotif seperti HDCI sebagai bagian dari 'Rumah Besar Kebangsaan'.

Selain itu Bamsoet mengingatkan sebagai bagian dari organisasi komunitas, anggota HDCI masih dihadapkan pada berbagai dinamika tantangan dalam membangun citra organisasi. Ia menilai salah satu yang masih menjadi pekerjaan rumah bagi organisasi klub/komunitas motor besar pada umumnya, tak terkecuali HDCI, adalah masih adanya pandangan atau stigma negatif masyarakat atas keberadaan klub motor besar yang ditengarai bersikap arogan di jalan.

"Di satu sisi, generalisasi seperti ini tentunya tidak dapat dibenarkan. Di sisi lain, semestinya harus ada kesadaran pada setiap anggota komunitas/klub, bahwa sikap, tindakan, dan perilaku individu anggota akan dengan mudah dipandang dan dipersepsikan sebagai perilaku komunitas. Sehingga diperlukan sikap kehati-hatian dari semua anggota komunitas/klub," pungkas Bamsoet. Bamsoet menilai kondisi tersebut terkadang diperburuk oleh insiden yang dilakukan anggota komunitas secara individual, namun terlanjur digeneralisir sebagai karakter komunal.



Simak Video "Sambangi Saudi-Maroko, MPR Gagas Pembentukan Majelis Syuro Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(fhs/ega)