Dandim Tenggarong Tangkap Pria Bawa Sabu Saat Gelar Operasi Yustisi

Suriyatman - detikNews
Minggu, 31 Jan 2021 12:39 WIB
Dandim Tenggarong Tangkap Pria Bawa Sabu Saat Gelar Operasi Yustisi (Foto: dok. Istimewa)
Dandim Tenggarong Tangkap Pria Bawa Sabu Saat Gelar Operasi Yustisi (Foto: dok. Istimewa)
Tenggarong -

Seorang pria yang membawa narkoba jenis sabu, Zailani (24), berhasil diamankan saat operasi yustisi di Tenggarong, Kutai Kartanegara. Operasi yustisi untuk menegakkan protokol kesehatan itu dipimpin Komandan Kodim 0906 Tenggarong Letkol INF Charles.

"Pelaku kita amankan saat akan melintasi operasi yang dilakukan tim gabungan penerapan protokol kesehatan (prokes) COVID-19, menggunakan kendaraan pikap yang penuh dengan sembako," kata Charles Aling kepada detikcom, Minggu (31/1/2021).

Aling mengungkapkan Zailani diamankan saat operasi yustisi digelar di Jalan Poros Samarinda-Tenggarong. Dari pelaku, turut diamankan barang bukti satu poket sabu sabu, satu pipet, dan satu alat suntik yang sudah digunakan.

Zailani, kata Aling, berencana mengantarkan sembako ke desa SP 1 Kecamatan Sebulu, Kutai Kartanegara. Namun saat melintas, yang bersangkutan memperlihatkan gejala yang mencurigakan kala diperiksa petugas. Apalagi, saat pelaku diminta turun dari mobilnya.

"Karena curiga petugas kepolisian dan TNI kemudian menggeledah pelaku dan akhirnya ditemukan barang haram tersebut dari saku celana pelaku," kata Aling.

"Temuan ini langsung kami serahkan ke Polres Kutai Kartanegara untuk ditindaklanjuti kasusnya," sambungnya.

Terpisah, Zailani mengaku menggunakan narkoba sebelum perjalanan menuju wilayah Kutai Kartanegara. "Saya kerja sendirian jadi biar kuat saya gunakan itu, apalagi ini perjalanannya sangat jauh dari Samarinda," kata Zailani.

Barang itu dibeli Zailani di Pasar Segiri, tidak jauh dari toko tempatnya bekerja. Sabu tersebut dibelinya seharga Rp 150 ribu.

"Saya beli di Segiri dengan harga Rp 150 ribu untuk saya gunakan sendiri biar tahan kerja berat," ujarnya.

(mae/mae)