7 Fungsi Karbohidrat bagi Tubuh Manusia, Hati-hati Kalau Mengurangi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 21:58 WIB
Diet Tanpa Nasi atau Karbohidrat Lain
Foto: iStock/7 Fungsi Karbohidrat bagi Tubuh Manusia, Hati-hati Kalau Mengurangi
Jakarta -

Karbohidrat adalah makronutrien (gula, pati, atau serat) yang bisa ditemukan dalam biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan produk susu. Makronutrien ini merupakan salah satu kelompok nutrisi paling dasar yang dibutuhkan manusia untuk tetap hidup.

Pada dasarnya, karbohidrat mendapatkan namanya dari susunan kimianya yakni mengandung karbon, hidrogen, dan oksigen. Begitu mengonsumsi karbohidrat, tubuh kita mengubahnya menjadi glukosa sebagai salah satu cadangan energi utama tubuh.


Fungsi Utama Karbohidrat

Fungsi utama karbohidrat adalah menyediakan bahan bakar bagi sistem saraf dan menjaga otot tetap bergerak.

Ada 3 jenis karbohidrat:

a. Pati

Pati atau makanan bertepung memberi tubuh nutrisi penting seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B kompleks.

Tapi, terlalu banyak mengonsumsi kentang, nasi, dan roti dapat menyebabkan Anda merasa mengantuk setelah makan.

b. Gula

Meskipun gula relatif familier, definisi karbohidrat jenis ini lebih luas daripada bahan putih yang Anda masukkan ke dalam teh.

Gula, dapat diklasifikasikan sebagai sejumlah senyawa manis, tidak berwarna, dan larut dalam air. Gula ditemukan dalam buah-buahan, sayuran, susu, dan banyak lagi, membentuk kelompok karbohidrat yang paling sederhana.

Sukrosa adalah jenis yang paling umum ditemukan dalam minuman ringan dan makanan olahan. Gula lainnya termasuk fruktosa, yang berasal dari buah dan laktosa, yang berasal dari susu.

c. Serat

Serat juga termasuk dalam kategori karbohidrat kompleks. Serat membuat Anda kenyang, teratur, dan puas setelah makan.

Karbohidrat sehat ini dapat ditemukan pada buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan atau kacang polong kering.

Selain kesehatan pencernaan, serat mungkin memiliki efek positif pada kolesterol.

Karena karbohidrat adalah salah satu dari 3 makronutrien yang dibutuhkan oleh tubuh kita, karbohidrat bertanggung jawab atas banyak fungsi dasar.

Berikut fungsi karbohidrat dilansir the littlepine:

1. Meningkatkan Gula Darah dan Merangsang Produksi Insulin

Makan karbohidrat adalah cara cepat untuk meningkatkan gula darah dan merangsang produksi insulin.

Anda makan karbohidrat yang diuraikan oleh saluran pencernaan Anda menjadi gula sederhana. Kemudian diserap ke dalam aliran darah sebagai glukosa yaitu gula darah.

Glukosa diangkut ke sel tubuh melalui insulin atau hormon dihasilkan pankreas yang kemudian digunakan oleh sel kita sebagai sumber bahan bakar.

2. Memberikan Energi

Karbohidrat berfungsi dalam produksi energi dengan menyediakan tubuh kita dengan 4 kalori per gram yang mudah dicerna dan menjadikannya sebagai sumber energi utama tubuh kita.

Karbohidrat sederhana digunakan dengan cepat sebagai sumber energi karena struktur molekulnya yang minimal mudah rusak oleh tubuh.

Di sisi lain, karbohidrat kompleks terbuat dari banyak molekul gula yang membuat tubuh membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengurainya menjadi energi.


3. Memicu Nafsu Makan, Lapar, dan Kenyang

Sebuah penelitian yang dilakukan pada suasana hati orang-orang pemarah yang mengambil camilan sore hari menemukan bahwa karbohidrat meningkatkan produksi serotonin di otak mereka lebih banyak daripada kelompok sumber makanan lain.

Serotonin dikenal sebagai 'hormon perasaan yang baik'. Setelah diaktifkan di otak, ia bekerja untuk merangsang tidur, mengatur tekanan darah, mengontrol suasana hati, nafsu makan, dan kepekaan Anda terhadap rasa sakit.

4. Sumber Mood

Serotonin sudah dibahas di atas. Tapi ini sedikit lebih banyak tentang efek karbohidrat pada suasana hati kita.

Serotonin dibuat di otak, di mana ia menjalankan fungsi utamanya. Produksi serotonin dirangsang oleh segenggam nutrisi yang dikombinasikan dengan prekursor serotonin triptofan - asam amino esensial (artinya tubuh tidak dapat membuatnya sendiri dan harus berasal dari sumber makanan.

Mengonsumsi karbohidrat membantu memfasilitasi pengangkutan triptofan prekursor serotonin ke otak.

Hal ini menimbulkan beberapa opini tentang pengaruh karbohidrat pada suasana hati kita.

5. Pencernaan

Serat pada karbohidrat yang ditemukan dalam buah, sayuran, biji-bijian, dan kacang-kacangan, penting untuk pencernaan yang sehat.

Ada dua jenis serat, larut dan tidak larut. Keduanya ada di sebagian besar makanan nabati (ergo), mengonsumsi berbagai makanan berserat tinggi akan membantu Anda menerima manfaat kesehatan (sumber) paling banyak.

Serat dikenal sebagai massa yang menggerakkan segala sesuatu melalui jalur pencernaan kita. Karena, tidak seperti protein, lemak, dan karbohidrat lainnya, serat tidak dapat dicerna dan sebagian besar melalui sistem kita secara utuh.

Menambahkan serat ke usus Anda sekaligus membuat Anda kenyang, teratur, dan kenyang setelah makan.

Konon, seperti yang Anda ketahui di atas, tidak semua karbohidrat adalah serat. Ada juga gula dan pati.

6. Prebiotik dan Kesehatan Usus Besar

Prebiotik adalah karbohidrat yang tidak dapat dicerna yang merangsang pertumbuhan atau aktivitas bakteri di usus besar. Ini pada akhirnya meningkatkan kesehatan pencernaan.

Semua prebiotik adalah serat, tetapi tidak semua serat prebiotik. Carilah mereka dalam makanan seperti daun bawang, asparagus, dan sawi putih.

7. Fungsi Otak

Fungsi karbohidrat lainnya yakni berfungsi bagi otak.

Otak dan sel sarafnya yang berlimpah membutuhkan lebih banyak energi daripada organ lainnya.

Faktanya, mereka membutuhkan setengah glukosa dalam tubuh kita.

Yang membuat banyak dari kita percaya bahwa ketika tubuh kekurangan glukosa dalam jumlah yang cukup, otak dan fungsinya terpengaruh.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan peningkatan kadar keton dalam tubuh, dialami oleh pelaku diet rendah karbohidrat yang beralih dari penggunaan gula sebagai sumber energi utama menjadi lemak, mungkin memiliki efek positif pada memori dan fungsi saraf.

Setelah membaca fungsi karbohidrat di atas, hati-hati ya untuk mengurangi salah satu sumber penting untuk tubuh tersebut.

tag

fungsi karbohidrat
insulin
prebiotik
fungsi karbohidrat bagi tubuh
pendidikan

(nwy/pal)