Pramugari Sebut Kapten Afwan Pilot SJ182 Sering Terbangkan Pesawat Klasik

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Sabtu, 30 Jan 2021 19:25 WIB
Pramugari Sriwijaya Air (Dyas/detikcom)
Pramugari Sriwijaya Air (Dyas/detikcom)
Jakarta -

Pramugari Sriwijaya Air menyebut Kapten Afwan, pilot SJ182 yang pesawatnya jatuh di perairan Kepulauan Seribu, merupakan orang yang sering membawa pesawat klasik. Pramugari Sriwijaya Air, Ratih, mengatakan SJ182 yang jatuh juga termasuk dalam kategori pesawat klasik.

"Karena begini, Kapten Afwan itu sering terbang klasik ya. Jadi kebetulan itu (SJ182) memang pesawat klasik, jadi memang sering terbang itu," ujar saat ditemui di kediaman Kapten Afwan, Bumi Cibinong Endah, Kabupaten Bogor, Sabtu (30/1/2021).

Menurut Ratih, Kapten Afwan terbilang sering menggunakan pesawat SJ182 ketika bertugas. Ratih mengaku sering bertugas bersama Kapten Afwan.

"Iya (pesawat) itu sering banget dipakai (Kapten Afwan). Sama kita-kita juga sering," ucapnya.

Secara terpisah, Direktur Utama (Dirut) Sriwijaya Air Jefferson Irwin Jauwena mengatakan Kapten Afwan sudah bekerja untuk Sriwijaya sejak 2014. Sebelumnya, Kapten Afwan merupakan anggota TNI AU.

"Kapten Afwan lahir di Jakarta 26 Februari 1966. Almarhum adalah putra kebanggaan Bapak Zamzami Amin dan Ibu Rosmanilah. Almarhum merupakan anak keempat dari lima bersaudara. Merupakan suami tercinta Ibu Rahmawati dan ayah tiga orang putri bernama Syakila, Aisyah, dan Sofia. Almarhum Kapten Afwan mulai bekerja jadi pilot di maskapai Sriwijaya Air pada 24 November 2014," jelas Jefferson.

Selain itu, Jefferson menyebut sosok Kapten Afwan sebagai orang yang ramah. Seluruh jajaran Sriwijaya Air menyayangi Kapten Afwan, yang rajin memberi bantuan kepada rekan-rekannya.

"Almarhum adalah rekan sejawat kami yang gugur pada saat menjalankan tugasnya pada penerbangan SJ182 pada 9 Januari 2021. Almarhum sangat kami sayangi karena kepribadiannya yang ramah dan selalu siap untuk memberi bantuan kepada rekan sejawat," tandasnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2