detikcom Do Your Magic

'Kali Sampah' di Permukiman Warga Kota Depok Mulai Bersih

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 14:15 WIB
Depok -

Alat berat sudah dikerahkan membersihkan Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung), Kota Depok, yang penuh sampah. Aliran kali di permukiman warga yang semula tertutup sampah kini sudah mulai bersih.

"Sampai saat ini, sampah di sekitar jembatan sudah mengalir, bisa dilihat, kondisinya sudah bersih untuk tengah kalinya. Air sudah mengalir," kata Suwarno selaku Ketua RT 002 RW 004 Kampung Palsigunung, Kelurahan Tugu, Kecamatan Cimanggis, Depok, melaporkan lewat video kepada detikcom, Jumat (29/1/2021).

"Lancar, Pak Haji!" kata warga lain yang lewat di jembatan merah tengah permukiman ini.

Kondisi ini berbeda dibanding yang dipantau detikcom pada Jumat (22/1). Saat itu, sampah menutupi seluruh badan sungai di bawah jembatan tengah permukiman ini.

Sampah di Kali Baru Cijantung, Kampung Palsigunung, Cimanggis, Depok, sudah berkurang pada 29 Januari 2021. (Ketua RT 002, Suwarno)Sampah di Kali Baru Cijantung, Kampung Palsigunung, Cimanggis, Depok, sudah berkurang pada 29 Januari 2021. (Ketua RT 002, Suwarno)
Sampah di Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) di Kampung Palsigunung, Tugu, Cimanggis, Depok. (Taufieq RA/detikcom)Sampah di Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) di Kampung Palsigunung, Tugu, Cimanggis, Depok, 22 Januari 2021. (Taufieq RA/detikcom)

Kini sampah memang masih ada, tapi bukan di tengah badan sungai yang dialiri air, melainkan di pinggir-pinggir sungai.

Sampah yang semula menutupi badan sungai di bawah jembatan ini telah mengalir ke arah jembatan yang lebih besar, warga di sini biasa menyebut sebagai jembatan YKK Cimanggis, berada di dekat Jl Jakarta-Bogor Km 29. Teknik pengaliran sampah ini memang disengaja supaya ekskavator bisa menangkap sampah-sampah itu di jembatan YKK.

Selanjutnya, pembersihan sejak dua hari lalu: