ADVERTISEMENT

Viral Napi Pesta Sabu, Karutan Pastikan Bukan di Rutan Salemba

Rahmat Fathan - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 13:23 WIB
Rutan salamba kabur
Rutan Salemba, Jakarta Pusat (Foto: Bisma Alief/detikcom)
Jakarta -

Sebuah video yang diduga sejumlah warga binaan pesta sabu di dalam rumah tahanan, viral di media sosial. Video itu disebut-sebut terjadi di Rutan Salemba.

Kepala Rutan Salemba, Yohanis Varianto mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan terkait video viral tersebut. Ia memastikan bahwa kejadian tersebut bukan di Rutan Salemba.

"Saya sudah turun langsung ke lapangan sekaligus melakukan pengecekan. Kita sudah telusuri dan itu tidak di Rutan Salemba. Dilihat dari video struktur bangunan kita (Rutan Salemba) nggak seperti itu, itu terlalu sempit, keramiknya itu keramik lama, tidak sesuai," ujar Yohanis saat dikonfirmasi detikcom, Jumat (29/1/2021).

Yohanis mengaku pihaknya rutin melakukan razia terhadap para narapidana. Kata dia, dalam kurun waktu sebulan dirinya menjabat sebagai Karutan Salemba sudah lima kali melakukan razia dan penggeledahan.

"(Hasilnya) banyak temuan, ada handphone, charger, tapi saat ini kami belum menemukan barang berupa narkoba," tutur Yohanis.

Dia menyebut terdapat 2.900 warga binaan yang ada di Rutan Salemba saat ini. Sementara, petugas yang berjaga dalam satu regu berjumlah 40 orang yang dibagi dalam 3 shift.

Di sisi lain, beberapa fasilitas Rutan Salemba yang rusak juga akan diperbaiki. Yohanis pun mengaku berkomitmen dalam memberantas narkoba.

"Kami akan sering-sering melaksanakan razia, penggeledahan," katanya.

Selain itu, Yohanis juga menekankan pentingnya pembinaan kerohanian dan keterampilan para narapidana. Dia berujar, napi harus mengurangi pikiran-pikiran negatif selama menjalani masa hukuman di dalam Rutan.

"Saya punya prinsip rumah tahanan itu rumah Tuhan, ketika mereka masuk yang biasanya jarang ke gereja, jarang ke masjid, jarang baca Alquran, jarang baca Alkitab itu kita galakkan itu minimal tiga jam sehari agar bisa komunikasi dengan yang di Atas," pungkasnya.

Video yang beredar diduga direkam oleh salah seorang napi yang ada di ruangan. Di video itu menunjukkan terdapat enam orang penghuni rutan sedang melakukan pesta sabu. Belum diketahui lebih lanjut video itu diambil di mana dan kapan itu terjadi.

(mei/mei)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT