Polda Metro Gerebek Pabrik Kosmetik Ilegal di Bekasi, Pemilik Ditangkap

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Jumat, 29 Jan 2021 11:49 WIB
Pabrik kosmetik ilegal di Bekasi digerebek polisi
Pabrik kosmetik ilegal di Bekasi digerebek polisi. (Azhar/detikcom)
Bekasi -

Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya menggerebek sebuah home industry kosmetik ilegal di salah satu perumahan di Jatirasa, Kota Bekasi. Pemilik pabrik kosmetik ditangkap polisi.

"Pagi ini kita akan merilis satu pengungkapan. Memang kita bawa langsung ke TKP biar langsung melihat pengungkapan bahan berbahaya jenisnya kosmetik yang tidak memiliki izin edar. Di mana di sinilah tempat pembuatannya ada satu orang tersangka yang sudah kita amankan, inisialnya CS. Ada di belakang saya, (CS) sebagai pemiliknya," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di lokasi, Jumat, (29/1/2021).

Tersangka CS mengoperasikan pabrik kosmetik ilegal itu di sebuah rumah yang terletak di Jl Balaidesa, Jatirasa, Kota Bekasi, selama 7 bulan. Tetapi polisi mengetahui CS sudah beroperasi selama kurang-lebih 3 tahun, sejak 2018.

"Yang bersangkutan ngontrak di sini sejak 2020 bulan 6 untuk kontrak. Tetapi operasi buatan ini dia lakukan sejak 2018. Kurang-lebihnya 3 tahun lebih," jelas Yusri.

Tersangka CS diketahui membuat empat jenis kosmetik ilegal, di antaranya masker wajah. CS membuat merek sendiri, yakni Galaskin, Acone, Youra, dan MHN.

dari empat jenis kosmetik ilegal tersebut, CS sudah memasarkannya ke seluruh Pulau Jawa. Selain itu, dia memasarkan melalui media online.

"Omzet setiap bulan ini kurang-lebih sampai Rp 100 juta selama hampir kurun waktu 3 tahun lebih dari sejak 2018," ungkap Yusri.

Di lokasi tersebut polisi menyita sejumlah kosmetik dan bahan baku untuk membuat kosmetik. Akibat tindakannya tersebut, tersangka akan dikenai pasal UU RI No 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan di Pasal 197 sub-Pasal 196 juncto Pasal 106 dengan ancaman 15 tahun penjara dan denda sebanyak Rp 1,5 miliar.

Simak juga video 'Peredaran Kosmetik Ilegal di Banyuwangi Digagalkan, 2 Wanita Diamankan':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)