Pilih Pengurus PPP Baru, Suharso Telusuri Prestasi hingga Jejak Digital

Jihaan Khoirunnisaa - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 21:49 WIB
Suharso Monoarfa
Foto: Jihaan Khoirunnisaa/detikcom
Jakarta -

Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Suharso Monoarfa resmi mengumumkan pengurus baru DPP PPP untuk periode 2020-2025 bersamaan dengan perayaan puncak HUT PPP ke-48. Struktur kepengurusan DPP PPP kali ini diwarnai dengan kehadiran sejumlah wajah baru dan lebih banyak diisi oleh kaum muda.

Suharso mengatakan, dalam menyusun kepengurusan PPP kali ini, dia tidak sembarangan, melainkan turut memperhatikan tantangan di masa depan sekaligus mempertimbangkan kondisi demografi Indonesia.

"Kita melihat tantangan masa yang akan datang, kemudian kita letakkan itu dalam demografi pemilih pada masa yang akan datang. Dengan demikian, kita harus menjawab itu, kira-kira yang tepat yang pas itu, orang-orang yang bisa menjemput kemenangan pada 2024 itu kategorinya seperti apa," ujar Suharso dalam acara 'Jalan Pulang Menuju Ka'bah', Kamis (28/1/2021).

Menurutnya, dengan memilih pengurus dari kalangan muda dapat menjadi solusi untuk menjawab beragam tantangan tersebut. Sebab, mereka dapat menangkap aspirasi masyarakat dengan lebih baik, yang kemudian akan ditransmisikan menjadi inspirasi bagi partai politik agar dapat bekerja maksimal.

"Inilah yang kita sebut dengan wajah baru, wajah yang bisa menjaga PPP sendiri dan bisa menjemput masa depan, dan memahami perspektif dengan tepat dan bekerja maksimal," terangnya.

Dikatakan Suharso, hadirnya wajah-wajah baru dalam susunan pengurus PPP perlu dioptimalkan agar cita-cita partai politik dapat terwujud. Karena itu, terdapat sederet kriteria yang harus dipenuhi oleh pengurus sebelum terpilih, dari memiliki prestasi, kinerja, hingga jejak digital yang baik.

"Jauh-jauh hari kami susun ini, dan para pengurus darah segar ini mereka punya background pengalaman yang tepat, punya perspektif yang sama dengan milenial. Mereka bukan dari kalangan sembarangan. Mereka punya jejak digital yang baik. Setidaknya mereka kalau mau bergerak dan mengenalkan kepada publik, bukan lagi pekerjaan baru bagi mereka. Jadi mereka ada prestasi, ada kinerja. Ini cara kita mengoptimalisasikan kehadiran dari wajah-wajah baru pengurus PPP yang memang didominasi kaum muda," tuturnya.

Adapun jumlah anggota kepengurusan Partai Persatuan Pembangunan terbaru antara lain, kepemimpinan berjumlah 11 orang, bidang fungsional berjumlah 6 orang, bidang isu strategis berjumlah 11 orang, dan penanggung jawab kerja elektoral berjumlah 17 orang.

Kelompok isu strategis ialah mereka yang bisa memberikan pandangan-pandangan kepada publik, pandangan yang dapat dinilai atau dianggap oleh publik menjadi panutan, sehingga diharapkan dapat mensosialisasikan partai lewat beragam isu di dalam keseharian.

Sedangkan penanggung jawab kerja elektoral, lanjut Suharso, merupakan kelompok pengurus yang berperan penting dalam mempertahankan eksistensi partai politik serta menentukan masa depan PPP.

Suharso berharap, dengan wajah dan kekuatan baru dapat mengembalikan arwah partai politik. Dengan kata lain, PPP bisa kembali meraih suara lebih banyak pada Pemilu 2024 mendatang.

Untuk diketahui, acara yang bertajuk 'Jalan Pulang Menuju Ka'bah' bertepatan dengan puncak perayaan ulang tahun PPP yang ke-48. Acara ini berlangsung pada pukul 18.45 WIB dan disiarkan langsung di CNN Indonesia TV atau streaming dengan mengakses CNNIndonesia.com, serta di detik.com.

(mul/mul)