Kasus COVID di RI Tembus 1 Juta, Satgas Kembali Ingatkan Warga Taat Prokes

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 17:30 WIB
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito
Wiku Adisasmito (Biro Pers Sekretariat Presiden)
Jakarta -

Angka kasus virus Corona (COVID-19) di Indonesia telah menembus angka satu juga kasus. Ketua Tim Pakar Satgas Penanganan COVID-19, Wiku Adisasmito, menyebut angka ini sebagai gambaran laju penularan COVID-19 di Indonesia yang cukup tinggi.

"Minggu ini resmi tercatat sebanyak satu juta populasi di Indonesia pernah terinfeksi COVID-19 selama 10 bulan berada dalam pandemi," ujar Wiku melalui video yang disiarkan akun YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (28/1/2021).

"Angka ini tentunya bukanlah angka yang kecil dan mampu menggambarkan laju penularan virus yang cukup tinggi di negara kita ini," ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa angka satu juta ini merupakan jumlah keseluruhan dari penduduk Indonesia yang terinfeksi Corona. Selain itu, di dalamnya masih ada kasus aktif Corona.

"Angka satu juta ini merupakan jumlah keseluruhan, dari penduduk Indonesia yang pernah terinfeksi COVID-19. Apabila kita telaah lebih rinci, dari total satu juta ini masih terdapat sejumlah kasus aktif atau masih ada sejumlah masyarakat yang tengah berjuang melawan COVID-19," tuturnya.

Wiku mengingatkan masyarakat agar tak melupakan fokus untuk menurunkan kasus aktif. Dia juga mengingatkan soal jumlah orang yang sakit.

"Saya ingin kita untuk tidak melupakan fokus kita, yaitu fokus pada penurunan angka kasus aktif atau juga jumlah orang yang sakit," tuturnya.

"Kita harus benar-benar menganggap serius penanganan kasus aktif. Agar angka kesembuhan COVID-19 dapat meningkat dan menurunkan angka kematian," lanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2