Siaga Banjir, Pemprov DKI Siapkan Layanan Rapid Antigen untuk Pengungsi

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 16:07 WIB
kota Jakarta Tergenang Banjir
Ilustrasi Banjir Jakarta (Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan persiapan untuk menghadapi ancaman banjir. Salah satu yang dilakukan yakni dengan menyediakan layanan rapid test antigen bagi pengungsi korban banjir.

Plt Kepala Pelaksana BPBD DKI Jakarta, Sabdo Kurnianto, mengatakan hal itu dilakukan untuk mencegah penularan virus Corona (COVID-19) di lokasi pengungsian. Layanan rapid test antigen akan dilakukan oleh Dinas Kesehatan DKI Jakarta.

"Di masa pandemi COVID-19 itu kita harus tetap menerapkan protokol kesehatan, jadi pelibatan dari teman-teman semua dan terutama Dinas Kesehatan itu melakukan screening awal, tentunya melihat, kemudian ada terkonfirmasi, kemudian lanjut di rumah sakit rujukan, dengan demikian maka ini bagian daripada antisipasi," ujar Sabdo di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Kamis (28/1/2021).

Sabdo menerangkan, layanan rapid test antigen di lokasi pengungsian sudah menjadi prosedur operasi standar (SOP) yang harus dijalankan. Pemprov DKI Jakarta juga sudah menyiapkan alat untuk rapid test antigen untuk memeriksa para korban banjir.

"Jadi persoalan rapid antigen ini bagian yang bisa dilakukan dan insyaallah kita siap untuk barangnya sendiri, SOP-nya demikian," katanya.

Selain itu, kata Sabdo, Pemprov DKI Jakarta juga meminta para korban banjir yang mengungsi untuk menjaga jarak ketika berada di pengungsian. Hal itu sudah menjadi ketentuan 3M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

"Ya jadi itu sudah tentu dengan 3M," ucapnya.

Melalui keterangan tertulis di situs PPID DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta memasang tanda arah lokasi pengungsian. Total, ada 267 kelurahan yang dipasang tanda.

Simak lokasi pengungsian yang disiapkan Pemprov DKI Jakarta untuk korban banjir.

Selanjutnya
Halaman
1 2