ADVERTISEMENT

Sidang Eksepsi Jumhur Hidayat di Kasus Ujaran Kebencian Dijaga Polisi

Dwi Andayani - detikNews
Kamis, 28 Jan 2021 12:32 WIB
Sidang pembacaan eksepsi Jumhur Hidayat di kasus ujaran kebencian digelar dengan pengamanan ketat, di PN Jaksel, Kamis (28/1/2021).
Sidang pembacaan eksepsi Jumhur Hidayat dalam kasus ujaran kebencian digelar dengan pengamanan ketat. (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta -

Petinggi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) Jumhur Hidayat menjalani sidang pembacaan eksepsi terkait dakwaan kasus ujaran kebencian. Sidang digelar dengan pengamanan dari jajaran kepolisian.

Pantauan detikcom, sidang dilakukan di ruang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jl Ampera Raya, Kamis (28/1/2021). Sidang dibuka pada pukul 11.40 WIB.

Berbeda dengan sidang biasanya, sidang berjalan dengan pengamanan ketat. Pintu ruang sidang terlihat diberi garis pembatas.

Selain itu, terdapat dua polisi yang berjaga di pintu ruang sidang. Beberapa polisi lain tampak berjaga di luar ruang sidang. Tidak hanya itu, selama persidangan, hanya pihak pengacara dan jaksa yang dapat masuk ke ruang sidang.

Pembacaan eksepsi ini diwakilkan oleh kuasa hukum dari Jumhur. Sedangkan Jumhur sendiri saat ini diketahui tengah berada di rutan Bareskrim.

Diberitakan sebelumnya, Jumhur Hidayat didakwa menyebarkan berita bohong terkait omnibus law UU Cipta Kerja. Jumhur didakwa dengan Pasal 14 ayat 1 UU RI Nomor 1 Tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana.

Selain itu, Jumhur didakwa menyebarkan informasi yang dapat menimbulkan rasa kebencian antarkelompok.

"Perbuatan terdakwa merupakan tindak pidana sebagaimana diatur dan diancam pidana, dalam Pasal 45A ayat 2 juncto Pasal 28 ayat 2 UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang perubahan dari UU RI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik," jelas jaksa saat membacakan surat dakwaan.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT