Top 5 News

Jokowi Disuntik Vaksin Tahap II hingga Gunung Merapi Erupsi Besar

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 21:50 WIB
Top 5 News Yamaha
Foto: detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani vaksinasi COVID-19 tahap kedua. Dosis kedua vaksin Sinovac ini diberikan berselang dua minggu dari dosis pertama pada 13 Januari lalu.

Sementara itu, aktivitas vulkanik Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) terus meningkat. Dalam kurun waktu 6 jam, Gunung Merapi sudah 22 kali meluncurkan awan panas.

Selain dua berita tersebut, ada juga berita menarik lainnya yang banyak dibaca oleh detikers. Berikut Top 5 News edisi Rabu (27/1/2021).

1. Jokowi Disuntik Vaksin Sinovac Tahap II

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menjalani vaksinasi ke-2 di Istana Negara pagi tadi. Jokowi mengaku tidak merasakan apa-apa setelah menjalani vaksinasi COVID-19 ini, sama seperti vaksinasi tahap pertama.

Jokowi menduga rasa pegal-pegal mungkin akan timbul setelah menjalani vaksinasi ke-2. Meski begitu, dia menyebut akan langsung beraktivitas seperti pada tahap vaksinasi pertama.

Artikel Selengkapnya: Kata Jokowi Usai Divaksin Tahap II

2. Gunung Merapi Erupsi Besar Lagi

Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Hanik Humaida menjelaskan pada periode pukul 06.00 hingga 10.00 WIB terjadi 14 kali semburan awan panas dari Gunung Merapi. Kemudian, pukul 10.00 hingga 12.00 WIB terjadi 8 kali awan panas di Gunung Merapi.

Hanik menjelaskan awan panas yang terjadi pada periode 6 jam ini jarak luncur maksimal 1.600 meter. Sedangkan arah angin saat kejadian ke timur.

Artikel Selengkapnya: Ini Potret Erupsi Gunung Merapi

3. Listyo Sigit Prabowo Resmi Dilantik Jadi Kapolri

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Listyo Sigit Prabowo menjadi Kapolri. Dengan jabatan tersebut, Listyo Sigit Prabowo resmi berpangkat jenderal.

Setelah sah dilantik, dia mengatakan sudah menyiapkan rencana transformasi di 4 bidang. Selain itu, ada 16 program aksi yang bakal dilaksanakannya ke depan.

Artikel Selengkapnya: Komitmen Jenderal Listyo Sigit Usai Dilantik

4. Raffi Ahmad Bicara Efek Samping Vaksin

Raffi Ahmad mengikuti program vaksinasi tahap kedua di Istana Merdeka. Suami Nagita Slavina ini menjelaskan seputar efek samping yang dirasakan pasca vaksinasi tahap pertama yang digelar pada 13 Januari lalu.

Dia menuturkan tak sedikitpun merasakan sakit atau efek samping berat setelah divaksinasi. Menurutnya, hanya efek ngantuk dan pegal saja yang dirasakan. Ia pun mengajak masyarakat tidak takut untuk divaksin.

Artikel Selengkapnya: Usai Divaksin, Raffi Ahmad: Cuma Ngantuk dan Pegal

5. Insiden AC Milan vs Inter Milan

Derby Milan di Coppa Italia berlangsung panas. Romelu Lukaku bersitegang dengan Zlatan Ibrahimovic dalam laga yang dimenangkan Inter Milan atas AC Milan itu.

Entah apa penyebabnya, Ibrahimovic dan Lukaku saling melontarkan kata-kata kasar. Lukaku sampai naik pitam, dan sempat mengadu kepalanya dengan Ibrahimovic.

Artikel Selengkapnya: Derby Milan Panas

(ncm/ega)