Keutamaan Surat Al-Kahfi dan Sunnah Membacanya di Hari Jum'at

Lusiana Mustinda - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 21:35 WIB
Muslim woman reading from the quran stock photo
Foto: Getty Images/iStockphoto/evrim ertik
Jakarta -

Keutamaan surat Al-Kahfi salah satunya akan membawa kita kepada kebaikan dan tempat terbaik di sisi Allah SWT. Hari Jum'at menjadi salah satu waktu yang disunnahkan untuk membaca surat Al-Kahfi yang dimulai dari tenggelamnya matahari pada hari Kamis hingga menjelang matahari tenggelam di hari Jum'at.

Surat Al-Kahfi sendiri merupakan surat ke-18 dalam Al-Qur'an yang terdiri dari 110 ayat. Al Kahfi memiliki arti penghuni-penghuni gua.

Dikutip dalam buku "Kedahsyatan Membaca Al-Qur'an" oleh Amirulloh dan Sumantri Jamhari, dinamakan surat Al-Kahfi karena surat ini mengisahkan tentang beberapa orang pemuda dan anjingnya yang bersembunyi di dalam gua. Mereka lari dari kekejaman penguasa yang berideologi matrealisme dan memaksa mereka agar kafir kepada Allah.

Abu Sa'id al-Khudri meriwayatkan bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang membaca surat al-Kahfi sebagaimana saat ia diturunkan, maka pada hari Kiamat surat itu akan menjadi cahaya yang akan menuntunnya dari tempat tinggalnya menuju Mekkah. Dan barang siapa yang membaca sepuluh ayat terakhir dari surat tersebut, maka ia tidak akan dapat dikuasai oleh Dajjal pada saat Dajjal keluar. Barangsiapa yang berwudhu lalu membaca Subhanallah wal hamdulillah la syarikalah wala ilaha illallah, astaghfiruka wa atubu ilaika. Maka pahalanya akan dituliskan pada kertas lalu dicetak di mana cetakan itu tidak akan rusak sampai hari Kiamat."

Berikut beberapa keutamaan membaca surat Al-Kahfi di hari Jum'at:

1. Dipancarkan cahaya pada dirinya di hari kiamat

Diriwayatkan dalam hadits Sunan Ad-Darimi dari Abu Sa'id al-Khudri ra dari Rasulullah SAW bersabda:

"Barang siapa membaca surat Al-Kahfi pada malam Jum'at, maka dipancarkan cahaya untuknya sejauh antara dirinya dia dan Baitul 'atiq."

2. Diampuni doasanya antara dua Jum'at

Dalam hadits riwayat Al Hakim dari Abu Sa'id al-Khudri ra, "Barangsiapa membaca surat Al-Kahfi pada hari Jum'at maka akan dipancarkan cahaya untuknya di antara dua Jum'at."

3. Terhindar dari fitnah dajjal

Terdapat rahasia besar saat seseorang menghafal ayat 1-10 Surat Al-Kahfi. Berdasarkan Hadist Riwayat Muslim nomor 809, dari Abu Darda, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda

مَنْ حَفِظَ عَشْرَ آيَاتٍ مِنْ أَوَّلِ سُورَةِ الْكَهْفِ عُصِمَ مِنَ الدَّجَّالِ

Artinya: Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah).

4. Pengingat hari kiamat

Keutamaan surat Al-Kahfi juga jadi pengingat kita terhadap hari kiamat. Hal ini tertulis dalam surat Al-Kahfi ayat 47 yang berbunyi:

وَيَوْمَ نُسَيِّرُ ٱلْجِبَالَ وَتَرَى ٱلْأَرْضَ بَارِزَةً وَحَشَرْنَٰهُمْ فَلَمْ نُغَادِرْ مِنْهُمْ أَحَدًا

Artinya: "Dan (ingatlah) akan hari (yang ketika itu) Kami perjalankan gunung-gunung dan kamu akan dapat melihat bumi itu datar dan Kami kumpulkan seluruh manusia, dan tidak kami tinggalkan seorangpun dari mereka."

Untuk mendapatkan semua keutamaan dari surat Al-Kahfi ini, yuk jangan lupa kita membaca surat Al-Kahfi terutama di hari Jum'at.



(lus/erd)