Polisi: 4 ABG Korban Prostitusi di Hotel di Sunter Ditemukan Tak Berbusana

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 17:35 WIB
Polsek Tanjung Priok Bongkar Prostitusi ABG di Hotel Berbintang di Sunter
Polsek Tanjung Priok mengamankan muncikari penjual ABG di hotel di Sunter (Foto: Adhyasta Dirgantara/detikcom)
Jakarta -

Polsek Tanjung Priok mengungkap prostitusi ABG di sebuah hotel berbintang di kawasan Sunter Agung, Sunter, Jakarta Utara. Saat ditemukan, pada ABG tersebut ditemukan tidak berbusana.

Kapolsek Tanjung Priok Kompol Hadi Suripto mengatakan, kasus ini terungkap setelah polisi menyelidiki informasi adanya transaksi perdagangan anak di bawah umur di hotel tersebut. Di lokasi tersebut, tim mengamankan seorang muncikari berinisial RSD (20) hingga akhirnya menemukan keempat ABG tersebut dalam sebuah kamar.

"Kemudian kita bergerak ke kamar tempat 4 perempuan tersebut berada dan saat ditemukan tidak menggunakan pakaian," kata Hadi kepada wartawan di Polsek Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (27/1/2021).

Polisi kemudian mengamankan keempat ABG tersebut. Keempat ABG itu berusia 15 tahun dan 17 tahun.

"Tim kami suruh mereka mengenakan pakaian, kemudian dibawa ke komando untuk diperiksa," kata Hadi.

Polisi juga membawa muncikari RSD ke Polsek Tanjung Priok untuk diperiksa. Dalam pemeriksaan polisi, RSD mengaku menjual para ABG itu ke Om-Om.

"Yang bersangkutan mengakui telah menyiapkan 4 orang perempuan di bawah umur untuk disiapkan sebagai job ke Om-om inisial R," katanya.

Para ABG itu ditarif sebesar Rp 1,2 juta untuk melayani pria hidung belang tersebut. Uang tersebut dibagi dengan muncikari.

Saat ini polisi masih melakukan pemeriksaan lebih lanjut. RSD telah ditetapkan sebagai tersangka, sedangkan 4 ABG berstatus sebagai saksi.

Atas perbuatannya itu RSD dijerat dengan Pasal 88 UU RI Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perubahan Atas UU RI Nomor 23 Tahun 2003 tentang Perlindungan Anak juncto Pasal 2 ayat (1) dan Ayat (2) UU No 21 Tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dengan ancaman pidana 10 tahun penjara dan atau denda Rp 200 juta dan atau Pasal 297 KUHP dipidana dengan pidana penjara paling singkat 3 tahun atau pidana penjara paling lama 15 tahun.

Muncikari dan keempat ABG itu diamankan di Hotel 'H' di Sunter Agung, Jakarta Utara pada Senin (25/1) malam. Dalam kasus ini polisi mengamankan pakaian dalam keempat ABG, uang tunai hingga handphone.

(mea/mea)