Gempa M 4,9 Terjadi di Kupang, Tak Berpotensi Tsunami

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 11:03 WIB
Petugas mengukur panjang amplitudo letusan Gunung Anak Krakatau (GAK) dari data rekam seismograf di Pos Pengamatan GAK Pasauran, Serang, Banten, Kamis (27/12/2018). PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi) menaikan status GAK dari WASPADA ke level SIAGA sejak Kamis (27/12) karena frekwensi letusan meningkat dengan amplitudo rata-rata 25 milimeter diiringi dentuman cukup keras. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/hp.
Foto: Seismograf, alat perekam gempa (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)
Jakarta -

Gempa bumi magnitudo 4,9 terjadi di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Gempa ini tak dilaporkan berpotensi menimbulkan gelombang tsunami.

Gempa terjadi pada hari ini, Rabu (27/1/2021) pukul 10.13 WIB. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa ada di koordinat 10,39 Lintang Selatan dan 123,85 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di laut 44 km arah barat daya Kupang pada kedalaman 10 km.

Gempa dirasakan dalam skala II-III MMI di Kota Kupang dan Kabupaten Kupang. Skala II MMI artinya getaran gempa dirasakan beberapa orang dan membuat benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Sedangkan skala III MMI artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk berlalu.

Belum ada laporan mengenai dampak gempa ini.

(jbr/idh)