Kasus COVID RI Tembus Sejuta, Menkes: 600 Nakes Jangan Sampai Wafat Sia-sia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 09:41 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Menkes Budi Gunadi Sadikin (Dok. detikcom)
Jakarta -

Kasus COVID di Indonesia tembus satu juta. Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta momen ini dijadikan refleksi untuk berbenah karena dia mendengar sudah 600-an tenaga kesehatan yang wafat.

"Memang kemarin angkanya menembus angka 1 juta. Jadi saya sampaikan ada 2 momen penting yang kita harus tarik dari angka ini. Yang pertama, terus terang momen di mana kita berduka. Saya dengar juga sudah lebih dari 600 tenaga kesehatan yang meninggal," kata Menkes Budi Gunadi Sadikin seusai vaksinasi ke-2 di halaman Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (27/1/2021).

Menkes menyebut sudah banyak juga masyarakat yang meninggal karena COVID. Menkes Budi mengingatkan virus COVID ini nyata adanya.

"Itu yang kita harus menjadikan refleksi lah. Momen ini bahwa memang virusnya ada, pandemi ada dan serius," tegas Budi Sadikin.

Menkes Budi menegaskan perjuangan para tenaga kesehatan yang wafat harus diteruskan. Dia meminta masyarakat mematuhi protokol kesehatan demi menekan penyebaran COVID.

"Tapi momen kedua yang lebih penting buat saya adalah saya harus mengajak nih teman-teman sekalian, itu tenaga kesehatan yang sudah 600 yang wafat, itu jangan sampai mereka wafat sia-sia," ucap Budi.

"Kita harus memastikan agar perjuangan mereka itu bisa kita teruskan. Kita harus kerjanya jauh lebih keras lagi, sangat keras untuk bisa memastikan ini menurun," imbuh dia.

(gbr/tor)