Komisi VI Soal Laporan Oxfam: Tugas Negara agar Gap Kemiskinan Tak Makin Dalam

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 05:18 WIB
Faisol Riza Ketua Komisi VI Ketua DPP PKB
Faisol Riza (Foto: dok. Pribadi)
Jakarta -

Laporan terbaru Oxfam, The Inequality Virus menyatakan bahwa pandemi Corona telah memperburuk ketimpangan dan memperdalam kemiskinan di seluruh dunia. Komisi VI DPR RI mengatakan adalah tugas negara untuk menjadi penyeimbang agar kemiskinan tak makin mendalam.

Ketua Komisi VI DPR, Faisol Riza awalnya mengakui bahwa pandemi Corona berdampak pada tingkat kemiskinan. Dia mengatakan bahwa banyak negara miskin tambah miskin.

"Sudah pasti tambah miskin, buktinya bansos. Bansos ini kan untuk membantu agar orang tidak jatuh lebih melarat. Bahkan bukan hanya orang tapi negara yang miskin akan tambah miskin," kata Faisol kepada wartawan, Selasa (26/1/2021).

Ketua DPP PKB itu mengatakan tugas negara saat ini adalah menjaga agar gap kemiskinan tak makin dalam. Dia juga meminta agar regulasi diubah agar orang kaya bisa membantu orang miskin.

"Makanya tugas negara harus mampu menjadi penyeimbang supaya gap kemiskinan tidak semakin dalam. Caranya gimana? Banyak regulasi yang harus diubah, agar orang kaya bisa ikut mengangkat yang miskin agar lebih bisa bertahan dalam tekanan ekonomi," jelasnya.

Faisol juga menjabarkan program yang bisa mengatasi ketimpangan itu. Salah satunya pemanfaatan UMKM hingga substitusi impor.

"Justru program UMKM, substitusi impor, dan insentif bagi pengusaha yang menggandeng UMKM, program padat karya, dan lain-lain," jelas dia.

Selanjutnya
Halaman
1 2