Lumpuh Gegara Jatuh Saat Bekerja, PMI di Oman Dipulangkan ke Indonesia

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 02:24 WIB
PMI Asal Lampung Dipulangkan Gegara Lumpuh Akibat Terjatuh
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Seorang pekerja migran Indonesia (PMI) di Oman asal Lampung, Wayan Andika (30), mengalami kelumpuhan usai jatuh saat bekerja di sebuah coffe shop di kota Sur Oman. Saat ini Wayan akan dipulangkan untuk mendapatkan perwatan lebih lanjut.

Dubes RI di Muscat Oman, Mohamad Irzan Djohan, melepas Wayan di Bandara Internasional Muscat, Selasa (26/1) kemarin. Wayan yang saat ini dalam kondisi lemah diperkirakan akan tiba di Indonesia pada Rabu (27/1/2021) sekitar pukul 13.10 WIB.

"KBRI memperoleh informasi dari Kemenlu Oman mengenai PMI yang masuk RS akibat jatuh saat bekerja di sebuah coffe shop di kota Sur Oman (berjarak 3 jam perjalan darat dari Muscat)," kata Mohamad Irzan Djohan, dalam keterangannya.

Wayan pun sempat dipindahkan ke RS Khoula Muscat karena kurangnya fasilitas yang ada. Saat ini, Wayan sudah didagnosa mengalami gumpalan darah di otak dan perlu dilakukan tindakan operasi dalam 6 minggu ke depan.

"Pihak Rumah Sakit menyatakan terdapat gumpalan darah di otak Wayan yang perlu tindakan operasi dalam 6 minggu kedepan. Pihak RS menyatakan PMI tersebut bisa terbang ke tanah air dengan catatan harus ada pendampingan disebabkan kondisinya yang lemah (lumpuh sebelah kiri badan)," ucap Mohamad Irzan.

Mohamad Irzan juga menyebut, berdasarkan keterangan rumah sakit, pemulangan Wayan perlu dilakukan untuk tindakan medis lebih lanjut. Terlebih lagi, majikan Wayan di Oman tak sanggu lagi membiayai perawatan Wayan di rumah sakit.

"Pemulangan dipandang diperlukan karena tindakan medis yang perlu segera dilakukan. Majikan menyatakan tidak sanggup lagi membiayai perawatan sementara PMI tersebut juga tidak diasuransikan," ujarnya.

(maa/maa)