Digugat Ibu Tiri Zumi Zola, KPU Jambi Tetap Pertahankan Hasil Pleno

Ferdi Almunanda - detikNews
Rabu, 27 Jan 2021 00:14 WIB
Petugas gabungan dari TNI dan Polri mengamankan area sekitar gedung MK. Pengamanan itu dilakukan jelang sidang putusan MK terkait sengketa Pilpres 2019.
Gedung Mahkamah Konstitusi (Grandyos Zafna/detikcom)
Jambi -

Tim pengacara KPU Provinsi Jambi optimistis gugatan Cek Endra-ibu tiri Zumi Zola, Ratu Munawaroh, terhadap putusan KPU atas Pilgub Jambi bisa dipertahankan. Nantinya, di sidang lanjutan di MK, kuasa hukum KPU Jambi juga akan menghadapinya dengan peraturan dan perundang-undangan yang ada.

"Untuk hari ini masih dalam sidang pendahuluan di MK. Agenda sidang kali ini baru sebatas pembacaan permohonan dari kuasa hukum pemohon. Di sini KPU Provinsi Jambi dalam posisi mempertahankan hasil plenonya dan KPU bekerja sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan PKPU," kata kuasa hukum KPU Jambi M Syahlan Samosir kepada wartawan, Senin (26/1/2021)

Gugatan Pilgub Jambi di MK ini dilakukan paslon 01 Cek Endra dan ibu tiri Zumi Zola, Ratu Munawaroh, lantaran tak terima atas hasil keputusan KPU Jambi yang memenangkan paslon nomor urut 03 Al Haris-Abdullah Sani.

Paslon 01 juga menyatakan adanya praktik pelanggaran dan kecurangan dalam proses Pemilihan Gubernur Jambi hingga melanjutkan proses pilgub Jambi ini ke Mahkamah Konstitusi. Bahkan paslon 01 itu juga menggandeng Yusril Izha Mahendra sebagai kuasa hukumnya.

Meski KPU Jambi digugat ke MK, Syahlan juga menegaskan KPU Provinsi Jambi dalam posisi mempertahankan hasil plenonya. KPU Jambi bahkan juga sudah menyiapkan jawaban beserta bukti-bukti di sidang lanjutan di MK nanti, yang jatuh pada 1 Februari 2021.

"Kita sudah siapkan semua jawabannya itu, dan bukti-bukti juga sudah kita siapkan, namun semua keputusan ada di tangan hakim konstitusi," ujar Syahlan.

Sementara itu, Syahlan menyebut dasar pasangan CE-Ratu menggugat ke Mahkamah Konstitusi (MK) ternyata hanya dari hasil lembaga survei. Sebab, berdasarkan penghitungan lembaga survei, perolehan suara mereka unggul pada Pilgub Jambi 2020.

Pernyataan itu tertuang dalam berkas permohonan gugatan pasangan 01 itu ke Mahkamah Konstitusi seperti yang dibacakan Yusril Ihza Mahendra, yang disiarkan secara live melalui akun YouTube.

(aud/aud)