Kasus COVID-19 RI Tembus 1 Juta, MPR Soroti Kedisiplinan Prokes Warga

Yudistira Perdana Imandiar - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 19:28 WIB
Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid
Foto: dok. MPR RI
Jakarta -

Jumlah kasus COVID-19 di Indonesia secara kumulatif telah melampaui 1 juta. Adapun kasus aktif saat ini tercatat lebih dari 163 ribu dengan jumlah pasien sembuh lebih dari 809 ribu dan 28.132 orang meninggal dunia.

Lonjakan signifikan jumlah kasus positif COVID-19 dinilai Wakil Ketua MPR Jazilul Fawaid sebagai dampak dari kurangnya kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Meskipun pembatasan aktivitas telah dilakukan berulang kali, tapi penyebaran virus Corona masih masif.

"Ketika pelaksanaan PSBB dulu, masyarakat kita tidak cukup disiplin, dan memang sulit. Kita sekarang ada vaksin, tapi belum ada jaminan bahwa vaksin ini akan mengurangi angka tersebarnya COVID-19. Kuncinya tetap pada kedisiplinan," ulas Jazilul di Jakarta, Selasa (26/1/2021).

Gus Jazil, sapaan akrabnya, mengapresiasi pemerintah yang telah mengeluarkan berbagai strategi untuk menekan penularan COVID-19. Di sisi lain, ia mengajak masyarakat untuk lebih disiplin menerapkan protokol kesehatan.

"Ya tentu kuncinya tetap pada kedisiplinan warga, jadi saya mengajak kepada semua warga, ini kita sudah masuk pada zona merah satu juta. Ekonomi juga masuk di zona krisis, perlu banyak hal yang harus dilakukan," ujarnya.

"Dan yang bisa dilakukan oleh orang-orang perorangan adalah membangun kedisiplinan. Jadi kita membantu berdisiplin itu, artinya membantu pemerintah dan kita semua," imbuh Jazilul.

Tonton video 'Tembus 100 Juta! RI Peringkat ke-19 Kasus Corona di Dunia':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)