Positif Corona di Sumut Terus Melonjak, Okupansi RS Rujukan Capai 80%

Ahmad Arfah, Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 26 Jan 2021 16:40 WIB
Poster
Ilustrasi COVID-19 (Edi Wahyono/detikcom)
Medan -

Jumlah positif virus Corona atau COVID-19 di Sumatera Utara (Sumut) menembus angka 20.403 kasus. Rumah sakit rujukan untuk perawatan Corona di Sumut pun hampir terisi penuh.

"Iya (hampir terisi penuh). BOR (bed occupancy rate) di atas 80 persen," kata Jubir Satgas COVID-19 Sumut Aris Yudhariansyah saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/1/2021).

Dia mengatakan Pemprov Sumut bakal memaksimalkan RSUD yang ada di kabupaten/kota untuk lokasi isolasi. Menurutnya, selama ini pasien Corona dari kabupaten/kota se-Sumut kebanyakan dibawa ke RS rujukan yang ada di Medan.

"Kita maksimalkan RSUD kabupaten/kota," ucapnya.

Aris menyebut ada 90 kasus Corona baru di Sumut hari ini dengan total kasus positif berjumlah 20.403. Dari jumlah tersebut, 17.654 Orang dinyatakan sembuh. Angka pasien sembuh itu bertambah 89 orang dari hari sebelumnya. Selain itu, terdapat 732 pasien positif Corona yang meninggal dunia.

Kadis Kesehatan Kota Medan Edwin Effendi mengatakan rumah sakit di Medan hampir penuh karena harus menangani pasien dari luar Medan. Dia berharap ada solusi dari Pemprov Sumut terkait masalah ini.

"Kita minta bantuan provinsi jugalah untuk bisa menguatkan sarana apa ini kan. Pelayanan COVID, salah satu kebijakan provinsi itu ya membatasi supaya semua jangan harus dilayani di Medan. Jadi RS di daerah kabupaten/kota itu juga harus meningkatkan kapasitas pelayanannya," ucap Edwin.

Dia mengatakan kasus Corona di Medan terus meningkat tiap hari. Edwin berharap warga mematuhi anjuran pemerintah untuk memakai masker dan menjaga jarak demi mencegah penularan Corona.

"Jadi memang ada kecenderungan peningkatan kejadian kasus, jadi supaya kita harapkan ya ini menjadi perhatian masyarakat, perorangan supaya jadi perhatian, disiplin prokes," tuturnya.

Sebagai informasi, positif Corona di Indonesia telah menembus angka 1 juta kasus. Jumlah tersebut diketahui berdasarkan data di situs Satgas Penanganan COVID-19.

Secara harian, ada 13.094 kasus baru Corona pada Selasa (26/1/2021). Sehingga sejak Maret 2020 sudah ada 1.012.350 kasus COVID-19 di Tanah Air.

(haf/haf)