Ambroncius Diduga Rasis ke Natalius Pigai, Hanura: Dia Tak Aktif di Partai

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 20:10 WIB
Waketum Hanura, Gede Pasek Suardika
Gede Pasek Suardika (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Projamin Ambroncius Nababan dilaporkan ke Polda Papua Barat terkait dugaan ujaran rasisme terhadap mantan komisioner Komnas HAM Natalius Pigai. Sekjen Partai Hanura Gede Pasek Suardika menyebut Ambroncius Nababan sudah tidak aktif di Partai Hanura.

"Selama saya jadi sekjen, tidak pernah bertemu beliau aktif di Hanura lagi. Beliau lebih aktif sebagai Ketua Umum Projamin, ormas pendukung Jokowi. Kalau lihat klarifikasi seragamnya juga pakai seragam Projamin dan berwarna merah," kata Pasek kepada wartawan, Senin (25/1/2021).

Pasek juga mengatakan sudah tidak pernah bertemu Ambroncius Nababan untuk membahas urusan Partai Hanura. Ia menilai Ambroncius telah fokus bertugas di ormas Projamin.

"Saya juga tidak pernah bertemu urusan partai selama ini. Mungkin beliau sudah fokus di ormasnya. Semoga saja bisa diselesaikan dengan baik," ujarnya.

Meskipun Ambroncius Nababan pernah menjadi calon legislatif (caleg) dari Partai Hanura, Pasek menegaskan, Ambroncius Nababan aktif menjadi Ketua Umum Projamin.

"Beliau pernah nyaleg di Hanura dan sekarang Ketua Umum Projamin," ucapnya.

Selain itu, Pasek mengungkapkan, ada sekitar 2 juta orang yang terdaftar dalam kartu tanda anggota (KTA). Ia pun mengatakan unggahan status Ambroncius Nababan tidak ada kaitannya dengan Partai Hanura.

"Kalau tercatat ada lebih 2 juta KTA pernah ada di Hanura. Tapi faktanya kan beliau klarifikasi dan beraktivitas di ormas Projamin. Belum pernah aktif lagi di Hanura dan lagi pula itu kan status FB pribadi beliau yang tidak ada hubungan dengan Hanura. Doa kami semoga masalahnya cepat selesai dengan baik," ujarnya.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya: