detikcom Do Your Magic

'Kali Sampah' Depok Dibersihkan Secara Manual, Petugas Butuh 1,5 Bulan

Taufieq Renaldi Arfiansyah - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 19:25 WIB
Sampah di Kali Baru Cijantung, Kampung Palsigunung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Sampah di Kali Baru Cijantung, Kampung Palsigunung, Cimanggis, Depok, Jawa Barat, 25 Januari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)
Depok -

Petugas Pemerintah Kota Depok berusaha mengangkut sampah yang berjejal di Kali Baru Timur (Kali Baru Cijantung) memakai tangan dan alat sederhana. Setelah itu, sampah diangkat ke bak truk. Dengan cara begini, petugas butuh waktu 1,5 bulan.

"Untuk pembersihan, kami belum pastikan karena dengan cara manual paling cepat 1,5 bulan kalau lancar dan tidak ada kendala," kata koordinator lapangan Satgas Sumber Daya Air dan PUPR Kota Depok M Eko Nadirsyah saat dihubungi detikcom, Senin (25/1/2021).

Petugas sudah melakukan pengambilan sampah pada pekan lalu. Cara manual seperti ini harus dilakukan karena alat berat tidak bisa turun ke kali. Eko menilai medannya sulit dilalui alat berat.

"Kita akan berusaha semaksimal mungkin. Soalnya, kita mau pakai alat berat buat turun saja tidak bisa, lokasinya curam," kata dia.

Sampah ini dikatakannya mampet karena terhalang kayu dan bambu hasil tebangan di sepanjang aliran sungai. Selain itu, kali mengalami pendangkalan.

"Untuk saat ini kita membuka jalan dulu di tengah-tengah tumpukan sampah, supaya ada aliran air d antara tumpukan sampah, jadi memudahkan sampah yang paling ujung untuk digelontorkan ke arah jembatan dekat pabrik YKK yang kemudian diangkat," tutur Eko.

Satgas gabungan DPUPR dan DLH dari Pemkot Depok bersihkan sampah di Kali Besar Cijantung, Kampung Palsigunung, Cimanggis. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)Satgas gabungan DPUPR dan DLH Pemkot Depok membersihkan Kali Besar Cijantung, Kampung Palsigunung, Cimanggis, 22 Januari 2021. (Taufieq Renaldi Arfiansyah/detikcom)

Selanjutnya, Eko menilai sampah berasal dari warga sepanjang aliran sungai:

Selanjutnya
Halaman
1 2