SMKN 2 Padang Bakal Revisi Aturan, Jilbab Hanya Wajib untuk Siswi Muslim

Jeka Kampai - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 18:32 WIB
Kepala SMK Negeri 2 Padang, Rusmadi,
Kepala SMK Negeri 2 Padang, Rusmadi, (Foto: Jeka Kampai/detikcom)
Padang -

SMK Negeri 2 Padang akan merevisi aturan tentang berpakaian di sekolah. Aturan itu berisi penegasan bahwa pakaian berjilbab hanya diwajibkan untuk siswi muslim.

"Kita akan membuat tata tertib sekolah sesuai dengan masukan yang disampaikan oleh Ombudsman dan Kadisdik, bahwa pakaian berjilbab itu hanya wajib untuk yang beragama Islam," kata Kepala SMK Negeri 2 Padang, Rusmadi, kepada wartawan, Senin (25/1/2021).

Rusmadi mengatakan aturan berpakaian di SMKN 2 selama ini belum tegas sehingga menimbulkan persepsi dalam penerapannya. Lewat aturan baru ini, pihak SMKN 2 akan memberi ruang bagi murid nonmuslim untuk menentukan sendiri pakaian seragam yang akan dikenakan.

Rusmadi menjelaskan aturan pakaian berjilbab di SMKN 2 ini menjadi sorotan karena adanya miskomunikasi dan pernyataan keliru dari salah seorang wakil kepala sekolah yang meminta semua murid mematuhi peraturan sekolah. Tapi, sambung Rusmadi, pernyataan wakil kepala sekolah itu disorot seolah memaksa salah seorang siswi nonmuslim harus memakai jilbab.

"Kami ingin clearkan masalah yang sudah terlanjur viral. Kalau ada yang salah kita ubah. Kami ingin sama-sama mencari solusi terbaik atas masalah ini," katanya.

Dia menegaskan bahwa tak ada satu aturan yang menyatakan kewajiban penggunaan hijab bagi siswi nonmuslim. Tentang adanya kalimat wajib dalam video viral adu argumen antara Elianu Hia dengan pihak sekolah, Rusmadi menjelaskan hal itu bukan dimaksudkan untuk penggunaan jilbab, tapi peraturan sekolah.

"Wajib itu mematuhi peraturan, bukan wajib memakai baju muslim untuk orang nonmuslim," kata Rusmadi.

"Dari awal saya sudah mengingatkan kawan-kawan (semua guru), jangan maawai atau menyentuh anak-anak kita yang nonmuslim. Biarkan saja, kalau dia mau sama pakaiannya silakan. Tidak mau, jangan dipaksa. Sudah kita antisipasi dari awal," katanya lagi.

Rusmadi juga memperlihatkan aturan sekolah yang dibuat dan diperbarui setiap tahunnya. Pasal tentang ketertiban dan penampilan pakaian diatur dalam pasal 3.

Selanjutnya
Halaman
1 2