CT ARSA Foundation Beri Pelayanan Medis-Psikososial Gratis Bagi Warga Sulbar

Tim detikcom - detikNews
Senin, 25 Jan 2021 13:22 WIB
Aksi kemanusiaan CT Arsa Foundation-Dompet Amal Transmedia
Foto: Aksi kemanusiaan CT Arsa Foundation-Dompet Amal Transmedia (ist)
Jakarta -

Sejak gempa bumi berkekuatan Magnitudo 6,2 mengguncang Sulawesi Barat pada Jumat (15/1) lalu, tim CT ARSA Foundation bertolak ke wilayah tersebut untuk melakukan aksi kemanusiaan. Pelayanan medis hingga dukungan psikososial diberikan secara gratis kepada masyarakat.

Bencana alam menjadi salah satu fokus yayasan sosial yang sudah berdiri sejak 2005 ini. Hingga hari ini, tim sudah mendistribusikan ribuan logistik bagi pengungsi, terutama yang berada di daerah terisolir dan sulit dijangkau.

Tidak hanya mendistribusikan logistik dan donasi lainnya, CT ARSA Foundation yang juga peduli terhadap pendidikan dan kesehatan menerjunkan timnya ke lapangan untuk memberikan pelayanan kesehatan gratis dan juga dukungan psikososial kepada masyarakat terdampak bencana.

Aksi kemanusiaan CT Arsa Foundation-Dompet Amal Transmedia Foto: Aksi kemanusiaan CT Arsa Foundation-Dompet Amal Transmedia (ist)

Sabtu dan Minggu (23-24/1), tim kesehatan CT ARSA Foundation melakukan aksi kemanusiaan berupa pemeriksaaan dan pengobatan gratis bagi masyarakat wilayah pengungsian di beberapa posko, yaitu Kadolang, Kalubibing, kantor Gubernur, dan Lebani, Mamuju, Sulawesi Barat.

Pemeriksaaan dan pengobatan gratis tersebut dilakukan bekerja sama dengan dokter MED-A dan tim medis gabungan puskesmas di sekitar Sulawesi Barat. Sakit yang dialami masyarakat terdampak bencana alam di antaranya luka-luka, penyakit kulit, pencernaan, batuk, flu, demam dan hipertensi. Jumlah masyarakat yang diberikan pengobatan sekitar 250 orang.

"CT ARSA Foundation berperan memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat bencana alam di Sulawesi Barat. Penyakit dan keluhan masyarakat di sini datang karena beberapa faktor. Bukan hanya luka karena gempa, tapi psikis dan kesadaran terhadap kebersihan lingkungan juga mempengaruhi. Misalnya kondisi pengungsian yang kotor, makanan yang kurang terjaga, terlalu banyak pikiran, sehingga mudah stres dan akhirnya sakit," kata perawat CT ARSA Foundation Ovedha Pradipta Lunggana dalam rilis yang diterima detikcom, Senin (25/1/2021).

Selain pemeriksaan kesehatan, tim CT ARSA Foundation juga memberikan aksi dukungan psikososial bagi anak-anak terdampak bencana alam. Di hari yang sama, kegiatan memberikan motivasi agar anak-anak tetap bersemangat dan jauh dari kesan trauma dilakukan di beberapa titik pengungsian. Di antaranya Desa Lebani dan Desa Botteng Utara, Kec. Tapalang, Mamuju, Sulawesi Barat.

Aksi kemanusiaan CT Arsa Foundation-Dompet Amal TransmediaFoto: Aksi kemanusiaan CT Arsa Foundation-Dompet Amal Transmedia (ist)

Ratusan anak-anak dan beberapa orang tua pendamping yang mengikuti kegiatan ini antusias saat bermain bersama, mendongeng, dan belajar penanaman nilai karakter seperti tidak mudah meyerah, tetap semangat, kejujuran, kebersamaan, serta hidup bersih dan sehat.

"Anak-anak disini sangat butuh dukungan psikososial karena banyak yang rindu belajar dan bermain. Mereka bahagia kedatangan kakak-kakak CT ARSA Foundation, dan berharap kegiatan seperti ini dilakukan lebih lama." Ucap Elsa Kartika, salah satu tim literasi CT ARSA Foundation.

Tim CT ARSA Foundation masih terus bergerak di lokasi bencana alam untuk memberikan bantuan dan dukungan pelayanan kesehatan serta pendidikan. Bekerja sama dengan Dompet Amal Transmedia, kami salurkan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan hingga ke pelosok daerah terisolir yang sulit terjangkau.

Kegiatan peduli bencana alam ini tidak lepas dari dukungan para donatur di manapun berada. Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pemirsa Transmedia dan donatur yang telah berdonasi melalui Dompet Amal Transmedia dan CT ARSA Foundation. Kami mengajak siapapun untuk bersama membantu saudara-saudara di wilayah bencana alam melalui rekening berikut.

Bank Mega: 01 074 00 11 111 889
Bank Mega Syariah: 10 000 100 100 100 4
Bank BNI: 70 123 70 321
Bank BCA: 375 0500 888
Bank Mandiri: 127 0000 2 7777 0
Bank BRI: 034 10 100 1617 301

(hri/hri)