Ramai Suara Ledakan di Buleleng Bali, Ini Hasil Penelusuran BPBD

Angga Riza - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 14:14 WIB
Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin (Angga Riza/detikcom).
Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin (Angga Riza/detikcom)
Denpasar -

Ramai kabar adanya suara ledakan di Buleleng, Bali, yang tersebar di grup WhatsApp. Terkait ramai suara ledakan tersebut, Kepala Pelaksana BPBD Bali I Made Rentin mengatakan pihaknya telah melakukan penelusuran.

"Hasil penelusuran di lapangan dan di daratan tidak sama sekali ditemukan ada ledakan apa-apa. Ini laporan dari BPBD sama Dandim di Buleleng," kata Rentin saat dihubungi, Minggu (24/1/2021).

Suara ledakan itu disebut-sebut terjadi sekitar pagi tadi, Minggu (24/1), di wilayah Buleleng, Bali. Rentin menjelaskan suara ledakan di Buleleng tersebut awalnya diduga meteor yang jatuh di laut.

Sampai saat ini, Rentin menyatakan, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan).

"Awalnya sempat diduga jatuh meteor di sekitar lautan tetapi masih meragukan juga. Belum ada kepastian. Jika memang itu jatuhnya meteor di tengah laut masih kami konfirmasi ke pihak Lapan, jadi mohon bersabar untuk informasi lebih lanjut," ujar Rentin.

Sementara itu, Rentin juga memastikan bahwa suara ledakan tersebut bukan merupakan alarm gempa BMKG. Saat ini pihaknya juga telah melakukan penelusuran bahwa suara ledakan tersebut tidak didengar seluruh masyarakat di wilayah Buleleng.

"Dari pihak BMKG mengklarifikasi dari tadi pagi sampai hari ini tidak ada sama sekali informasi terkait gempa. Jadi dipastikan bukan gempa juga. Kemungkinan (di tengah) laut Buleleng. Ini masih prediksi ketika ditelusuri di seluruh wilayah Buleleng. Bahkan ada di beberapa wilayah di Buleleng yang tidak mendengar, misalnya di Kecamatan Busung Biu, tidak terdengar dentuman itu," papar Rentin.

(gbr/gbr)