Banjir Menggenangi Sejumlah Titik Kota Bekasi, Tinggi Air Capai 1 Meter

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 24 Jan 2021 10:45 WIB
Jakarta -

Banjir menggenang di sejumlah titik di Kota Bekasi, Jawa Barat (Jabar), akibat hujan yang mengguyur. Ketinggian air bervariatif, bahkan ada yang mencapai 1 meter.

"Kejadian (banjir di) Kompleks Dosen IKIP, Kelurahan Jati Kramat, genangan dengan ketinggian lebih 1 meter," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Agus Harpa, dalam keterangannya, Minggu (24/1/2021).

Agus menambahkan, air hujan juga menggenangi Komplek AL RW 10, Kelurahan Jati Kramat, Kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi. Ketinggian air di titik ini sekitar 10-20 cm. Dia mengatakan kawasan Jatiasih sedang diguyur hujan dengan intensitas sedang.

Di Kecamatan Pondok Gede, Agus menjelaskan, terjadi banjir di 4 titik. Dia menyebut banjir terjadi di akses Jalan Kemang Sari 1, Jatibening Baru, Pondok Gede, dengan ketinggian air 60 cm.

Lalu, banjir juga menggenangi Jalan Masjid 1, Kampung Kemang, Jati Cempaka, Pondok Gede, dengan ketinggian air 30-40 cm. Di Perumahan Damar Raya Jati Bening 2 Blok D, Kelurahan Jati Bening, juga terjadi banjir dengan ketinggian sekitar 20 cm.

"(Lalu) kejadian genangan kurang-lebih 60 sentimeter di Perumahan Sari Gaperi, Kelurahan Jatibening Baru," katanya.

Lanjutnya, banjir juga terjadi di Kecamatan Rawalumbu, tepatnya di Perumahan Pondok Hijau Permai dengan ketinggian 10-20 cm. Lalu di Kompleks Mas Naga di Kecamatan Bekasi Barat juga tergenang air dengan ketinggian 30-40 cm.

Untuk di Jalan Kali Malang, tepatnya di bawah flyover Kota Bintara, Jati Sampurna, Kecamatan Bekasi Barat, juga terjadi banjir dengan ketinggian 60-80 cm.

Dia pun menjelaskan data ini adalah laporan BPBD Kota Bekasi sampai pukul 10.00 WIB. "Apabila ada perkembangan laporan masuk akan kami update kembali," pungkasnya.

(sab/fas)