TNI AU Bantu Salurkan Donasi ke Daerah Terisolir di Sulbar

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 19:23 WIB
TNI AU bantu penyaluran bantuan CT ARSA Foundation-Dompet Amal Transmedia
Foto: TNI AU salurkan bantuan (ist)
Jakarta -

TNI Angkatan Udara (AU) turut membantu penanggulangan bencana yang terjadi di sejumlah wilayah di tanah air. TNI AU memberikan bantuan ke wilayah-wilayah yang sulit terjangkau.

Di hari ke delapan setelah bencana alam Sulawesi Barat, Jumat (22/1/21), TNI AU menggunakan helikopter Nass-3213 dari Skadron Udara 6 Wing 4 Lanud Atang Sendjaja berangkat menuju desa Taukong,Ulumanda, Majene, Sulawesi Barat untuk menyalurkan donasi. Helikopter ini diterbangkan Kapten Pnb Nurfi bersama co pilot Lettu Pnb Prasetyo.

Donasi yang dibawa kali ini berupa kebutuhan pokok, kebutuhan bayi dan anak-anak, obat-obatan dan bantuan lainnya. Semua dibagikan kepada pengungsi di lokasi ini yang berjumlah lebih dari 150 kepala keluarga.

Aktivitas kemanusiaan yang dilakukan TNI AU ini dimulai sejak awal kejadian bencana alam. Di antaranya melakukan monitoring dan assesment atau pencarian data dan informasi di wilayah Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat.

Asops Kaskoopsau II Kolonel Pnb Eko Sujatmiko menjelaskan, selama delapan hari total penerbangan pesawat TNI AU dalam membawa bantuan melalui pesawat Hercules sebanyak 16 sorties, pesawat Boeing 737 9 sorties dan CN-295 sebanyak 2 Sorties, dan helikopter Super Puma H 3213 4 sorties.

Total bantuan yang tersalurkan per 24 Januari 2021 sudah mencapai 253 ton lebih berbagai logistik. Bantuan ini didistribusikan menggunakan pesawat hercules, Boeing 737, CN-295 hingga pesawat BNPB. Bantuan yang didistribusikan menggunakan helikopter sendiri mencapai 72 ton.

TNI AU bersinergi dengan banyak pihak dalam menyalurkan bantuan. Bantuan ini diharapkan bisa membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak bencana.

(hri/hri)