Jusuf Kalla Ikut Melepas PMI Program Amnesti Kesultanan Oman

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Sabtu, 23 Jan 2021 07:01 WIB
Mantan Wapres Jusuf Kalla Ikut Melepas PMI Program Amnesti Kesultanan Oman
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Wapres ke-12 Jusuf Kalla turut melepas pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) program amnesti Kesultanan Oman. Sebanyak 33 orang PMI dipulangkan.

Moment ini berlangsung saat Jusuf Kalla dan Mantan Menteri Hukum dan HAM Hamid Awaluddin transit di bandara internasional Muscat, Jumat (22/1/2021). Pemulangan ke-33 PMI ini merupakan pemulangan tahap ke-6 di awal tahun 2021.

Pemulangan PMI ke tanah air menggunakan penerbangan Qatar Airways (23/1) pukul 04.40 waktu setempat. Dan dijadwalkan akan tiba di Jakarta pada hari Minggu (24/1) pukul 07.25 WIB.

Pemerintah Oman sendiri telah meluncurkan program amnesti pada 10 November 2020. PMI tersebut berasal dari berbagai daerah di Indonesia, diantaranya Jawa Barat, NTB, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten dan Depok.

Dalam kesempatan saat melepas PMI di KBRI Muscat, Dubes Mohamad Irzan Djohan menyampaikan pesan agar para PMI menjadi 'duta' bagi para calon PMI di tanah air. Hal ini agar calon PMI senantiasa mengikuti prosedur yang ada sebelum bekerja di luar Negeri.

Pengalaman yang kurang menyenangkan yang dialami selama menjadi PMI agar dapat dijadikan pelajaran berharga, sehingga tidak mengalami hal yang sama.

Para PMI tersebut pulang ke tanah air setelah mengikuti program amnesti Pemerintah Oman. Melalui program tersebut, para pekerja asing yang bekerja di luar prosedur resmi dapat meninggalkan Oman tanpa dikenakan denda apapun.

Berdasarkan informasi Kementerian Perburuhan Oman, program amnesti tersebut akan diperpanjang hingga 31 Maret 2021.

(dwia/dwia)