CT Arsa Foundation Distribusikan Bantuan Logistik ke Korban Banjir Kalsel

Muhammad Risanta - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 23:35 WIB
CT Arsa Foundation Distribusikan Bantuan Logistik Ke Korban Banjir Kalsel
Foto: Muhammad Risanta/detikcom
Jakarta -

Tim CT Arsa Foundation menyerahkan bantuan logistik sembako kepada korban banjir di Kalimantan Selatan. Bantuan ratusan paket berupa sembilan bahan pokok ini diantar langsung ke tenda-tenda pengungsian.

Remote Area Programe & Disaster Management CT Arsa Foundation, Didie Putri dan tim, mengantar langsung bantuan ke pengungsian di kampung Sungai Pinang Baru, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Jumat (22/01/2021). Bantuan kemanusiaan ini merupakan donasi dari para pemirsa Transmedia Group.

"Pembagian bantuan kepada para korban banjir di Kalsel ini sebagai wujud kepedulian Transmedia Group dan pemirsanya untuk saling berbagi. Apalagi jumlah korban banjir di Kalsel sendiri terbilang tinggi sampai ratusan ribu jumlahnya terdampak,kami sangat prihatin sekali." jelas Remote Area Programe & Disaster Management CT Arsa Foundation Didie Putri kepada wartawan, Jumat (22/1/2021).

Dalam proses pengantaran bantuan, tim ditemani pasukan Batalyon Angkutan Bermotor 1 Marinir TNI menggunakan dua unit speed. Perjalanan dimulai dari halaman Koramil Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, menuju perkampungan yang berada di antara perbatasan Kabupaten Banjar dan Barito Kuala.

Perjalanan menuju lokasi pengungsian sendiri cukup menguras tenaga. Hal ini karena tim harus menerobos hujan di antara anak sungai berkelok dan panjang.

Hari pertama pendistribusian bantuan logistik, Tim CT Arsa Foundation harus menyusuri kawasan pelosok dan terisolasi tempat para korban banjir mengungsi. Ratusan pengungsi ini terpaksa membangun tenda-tenda darurat di atas galangan sawah di seberang perkampungan mereka di Desa Tatah Alayung, Kecamatan Mandastana, Kabupaten Barito.

"Untuk hari pertama sasaran kami warga yang terdampak banjir adalah daerah sulit terjangkau bantuan, karena medannya jauh dan membutuhkan waktu perjalanan berjam-jam menggunakan transportasi air. Mereka merupakan warga yang mengungsi di pedalaman selama sepekan sudah. Sedikitnya dua ratus paket sembako kami bagikan di sana," ujar Didie.

Para pengungsi sendiri, menurut Didie Putri, sangat membutuhkan sembako dan obat-obatan serta susu bayi. Berdasarkan data di lapangan, para pengungsi tak hanya membutuhkan makanan siap saji, tapi juga sembako untuk diolah sendiri.

Selain itu, tim CT Arsa Foundation juga menurunkan tim relawan memantau keadaan pengungsian, mendata kebutuhan para pengungsi dan korban terdampak, serta mengalokasikan bantuan donasi. Serta ikut membantu evakuasi, mengumpulkan data terkait fakta di lapangan, melakukan kegiatan pertolongan medis, dan memberikan pendampingan psikososial bagi anak-anak terdampak bencana.

Untuk membantu saudara-saudara di wilayah bencana, CT Arsa Foundation bekerja sama dengan Dompet Amal TRANSMEDIA dalam menggalang dana donasi dan mendistribusikannya. Kami mengajak masyarakat Indonesia untuk sama-sama memberikan dukungan, agar kebutuhan mereka bisa terpenuhi dan menjadikan mereka kembali kuat dan bangkit. Donasi dapat disalurkan ke rekening berikut:

Bank Mega: 01 074 00 11 111 889
Bank Mega Syariah: 10 000 100 100 100 4
Bank BNI: 70 123 70 321
Bank BCA: 375 0500 888
Bank Mandiri: 127 0000 2 7777 0
Bank BRI: 034 10 100 1617 301

Informasi Lebih Lanjut :

A Hadiansyah Lubis
Kadiv. PR TRANS TV
HP 082308239021

Nurhasanah Shihab
CT ARSA Foundation
HP 087777531197

CT ARSA Foundation-Dompet Amal Transmedia Bantu Korban Bencana Sulbar-KalselCT ARSA Foundation-Dompet Amal Transmedia Bantu Korban Bencana Sulbar-Kalsel (Foto: Dok. Istimewa)

(dwia/knv)