Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah yang Shahih dan Lengkap

Puti Yasmin - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 21:24 WIB
ilustrasi berdoa
Foto: Ilustrasi Denny Putra/detikcom/Doa Keluar Rumah dan Masuk Rumah yang Shahih dan Lengkap
Jakarta -

Setiap hari, orang tentu akan keluar-masuk rumah untuk melakukan aktivitas, misalnya berpergian atau mencari rezeki. Untuk menambah keberkahan ada doa keluar rumah dan masuk rumah yang bisa diamalkan.

Berdasarkan hadits riwayat Tirmidzi, dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, "Berdoa lah kepada Allah dalam keadaan yakin akan dikabulkan, dan ketahuilah bahwa Allah tidak mengabulkan doa dari hati yang lalai."

Doa Keluar Rumah yang Sahih dikutip dari buku '24 Jam Hidup dengan Doa dan Amal Harian Rasulullah' karya Abu Bakar bin As-Sina:

  • Doa Keluar Rumah

Nabi Muhammad SAW mengingatkan umat Islam untuk selalu membaca doa keluar rumah. Hal itu agar setan tidak menggoda dirinya saat di luar rumah.

Dari Ishak bin Abdullah bin Abi Thalihah, dari Anas bin Malik, dia berkata, Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang di antara kamu hendak keluar dari rumahnya, maka berdoa lah 'Dengan nama Allah, aku bertawakal kepada Allah, tiada daya dan kekuatan melainkan karena pertolongan Allah'. Maka pada saat itu dikatakan, 'Kamu dijaga, ditunjukkan, dan dipenuhi'.

Nabi Bersabda, Maka setan pun menjauhinya. Lalu setan itu bertemu dengan setan lain dan berkata 'Bagaimana mungkin kamu dapat menggoda orang yang telah dijaga, dicukupi, dan ditunjukkan?'"

Adapun, Rasulullah SAW mencontohkan doa keluar rumah yang dibaca, sebagai berikut

Arab:

Doa Keluar RumahDoa Keluar Rumah Foto: istimewa

Artinya: Dengan menyebut nama Allah, aku berawakal kepada Allah. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari serangan atau menyerang, dizalimi atau menzalimi, dan diolok-olok atau mengolok-olok.

Selain itu, Nabi Muhammad juga membaca doa ketika keluar dari rumahnya sebagai berikut

Arab:

Doa Keluar RumahDoa Keluar Rumah Foto: istimewa

Artinya: Dengan nama Allah, kami berserah diri kepada Allah, tiada daya dan kekuatan melainkan karena pertolongan Allah

Doa Masuk Rumah

Selain membaca doa keluar rumah, Rasulullah SAW juga mencontohkan umat Islam untuk membaca doa masuk rumah. Berdasarkan hadits dari Abdullah bin Amr bin Al-'Ash, dia berkata

"Apabila Rasulullah SAW, pulang ke rumahnya pada siang hari, maka beliau berdoa,

Arab:

Doa Keluar RumahDoa Keluar Rumah Foto: istimewa

Artinya: Segala puji bagi Allah yang telah mencukupiku dan memberiku tempat menetap. Segala puji bagi Allah yang telah memberiku makan dan minum. Segala puji bagi Allah yang telah memberiku karunia sehingga aku beroleh keunggulan. Aku memohon kepada-Mu kiranya Engkau melindungiku dari api neraka.

Selain itu, Rasulullah SAW pernah mengajarkan doa ketika di rumah kepada Abu Bakar Shidiq RA,

Arab:

Doa Keluar RumahDoa Keluar Rumah Foto: istimewa

Artinya: Ya Allah, sesungguhnya aku telah menzalimi diriku endiri dengan banyak dan tiadak yang dapat mengampuni dosa-dosaku kecuali ngkau, maka ampuni lah aku dengan ampunan dari sisi-Mu dan rahmatilah aku. Sesungguhnya engkau Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Sahabat Hikmah, jangan lupa amalkan doa keluar rumah dan masuk rumah ya!

(pay/erd)