Top 5 News

Prosesi Tabur Bunga Sriwijaya Air, Menkes Akui Testing Corona RI Salah

Alfi Kholisdinuka - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 21:20 WIB
Top 5 News Januari 2021
Foto: detikcom
Jakarta -

Suasana haru mengiringi prosesi tabur bunga untuk korban Sriwijaya Air SJ 182 di sekitar lokasi jatuhnya pesawat. Ini merupakan penghormatan terakhir bagi para korban dari keluarga dan kru pesawat

Sementara itu, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut cara testing COVID-19 yang dilakukan di Indonesia selama ini salah. Sebab yang di testing adalah mereka yang mau bepergian bukan orang yang menjadi suspek.

Selain dua berita tersebut, ada juga berita menarik lainnya yang banyak dibaca oleh detikers. Berikut Top 5 News edisi Jumat (22/1/2021).

1. Prosesi Tabur Bunga Sriwijaya Air SJ 182

Sebanyak 50 orang perwakilan keluarga korban turut bertolak menuju perairan Pulau Lancang dan Pulau Laki, Kepulauan Seribu. Mereka diberangkatkan dengan Kapal milik TNI AL, KRI Semarang, tepat pukul 06.30 WIB untuk memberi penghormatan terakhir bagi para korban dari keluarga dan kru pesawat Sriwijaya Air SJ 182.

Penghormatan terakhir dengan diiringi prosesi tabur bunga tersebut dihadiri Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas), Marsekal Madya TNI (Purn) Bagus Puruhito. Kehadirannya mewakili otoritas pemerintah. Sebelumnya, proses pencarian korban dan badan pesawat sudah dilakukan selama 13 hari dan ditutup kemarin (21/1).

Artikel Selengkapnya: Potret Haru Tabur Bunga Sriwijaya Air

2. Menkes Sebut Testing Corona di RI Salah

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengomentari upaya 3T atau testing, tracing dan treatment terkait penanganan COVID-19. Menurut Budi, testing Corona di Indonesia selama ini salah secara epidemiologi.

Penyebabnya, testing tinggi itu sebagian di antaranya menyasar kepada pihak yang itu-itu saja. Satu orang bisa dites sampai berkali-kali dan masuk hitungan testing. Budi Sadikin mencontohkan dirinya yang seminggu bisa dites 5 kali. Dia menilai itu tidak efektif karena seharusnya yang dites adalah suspek Corona.

Artikel Selengkapnya: Kata Menkes RI Salah Lakukkan Testing COVID-19

3. Sejoli Mesum di Halte Bus Kawasan Senen Jakarta

Polisi tengah menyelidiki aksi mesum sejoli di halte bus di kawasan Senen, Jakarta Pusat. Polisi menyebut, kedua pelaku bisa saja dijerat pidana karena berbuat asusila di tempat umum.

Hingga kini identitas kedua pelaku belum diketahui. Kanit Reskrim Polsek Senen AKP Bambang mengatakan pihaknya kini tengah menyisir CCTV di lokasi untuk mengungkap identitas sejoli tersebut.

Artikel Selengkapnya: Polisi: Pelaku Bisa Dijerat Perzinaan

4. Klopp Cekcok dengan Manajer Burnley

Adu mulut Juergen Klopp dengan Sean Dyche mewarnai laga Liverpool vs Burnley yang berakhir 0-1. Sean Dyche tampak menikmati momen adu mulutnya.

Dalam tayangan yang beredar, Klopp terlihat terpicu oleh sesuatu saat Dyche melintas di depannya untuk masuk ke ruang ganti. Klopp bahkan sempat mengejar koleganya tersebut, lalu berdebat sengit di pintu lorong.

Artikel Selengkapnya: Juergen Klopp Adu Mulut dengan Sean Dyche

5. Perampok Setengah Miliar di Semarang Ditangkap

Pelaku perampokan duit setengah miliar rupiah di Semarang diringkus polisi dan video penangkapannya viral di media sosial. Para perampok ini merupakan jaringan dari Lampung dan mengaku sudah merencanakan aksinya selama dua bulan.

Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar menjelaskan lima dari total enam komplotan perampok di Semarang yang menggasak uang Rp 563 juta adalah Rahmat (39), Frans Panjaitan (36), dan Maftuhi (25) warga Bumijaya, Lampung Tengah. Kemudian Vidi Kondian (30) warga Mekar Jaya, Lampung Tengah dan Moch Agus Irawan (38) warga Bandarjo, Ungaran, Kabupaten Semarang.

Artikel Selengkapnya: Ini Tampang Pelaku Perampokan

[Gambas:Video 20detik]



(ega/ega)