Batu Bara di Atas Kapal Tongkang Terbakar di Cilegon

M Iqbal - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 20:12 WIB
Batu Bara di Atas Kapal Tongkang Terbakar di Cilegon
Batu Bara di Atas Kapal Tongkang Terbakar di Cilegon (Istimewa)
Cilegon -

Batu bara di atas kapal tongkang yang hendak bersandar di Dermaga PLTU Jawa 7, Cilegon, terbakar. Kapal itu tak diizinkan sandar pihak PLTU lantaran masih mengeluarkan asap tebal.

Peristiwa kebakaran itu diketahui sekitar pukul 16.20 WIB, kapal tongkang Tb Kapuas 312 milik PT Samudera Energi Sukses Makmur. Kapal itu diketahui memuat batu bara sekitar 8.000 metrik ton (MT).

"Tongkang Tb Kapuas 312 bermuatan batu bara kurang-lebih 8.000 MT milik PT Samudera Energi Sukses Makmur yang ditarik oleh Tb Kapuas 10 dengan keagenan PT Mahendra yang sandar di Dermaga PLTU Jawa 7 tetapi tidak diizinkan oleh PLTU karena masih mengeluarkan kepulan asap yang diduga berasal dari muatan batu bara yang terbakar," kata Wadir Polairud Polda Banten AKBP Abdul Majid dalam keterangannya kepada wartawan, Jumat (22/1/2021).

Tongkang tersebut akhirnya dilarikan ke Jetty yang berada di Pulo Ampel, Kabupaten Serang, untuk dipadamkan. Satu unit mobil damkar dari Kabupaten Serang dikerahkan untuk memadamkan api yang berada di atas kapal tongkang muatan batu bara tersebut.

"Diarahkan ke Jetty SPW yang berada di Pulo Ampel, Kabupaten Serang, untuk dipadamkan," ujarnya.

Petugas damkar bersama polisi dan warga masih berupaya memadamkan api yang membakar batu bara. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

"Saat ini sedang dilakukan upaya pemadaman di Jetty SPW dengan menggunakan 1 unit mobil pemadam kebakaran dari dinas Serang. Kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa," kata dia.

(rfs/rfs)