Banjir di Aceh Tamiang Meluas, 4.147 Warga Mengungsi

Agus Setyadi - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 17:37 WIB
Banjir di Aceh Tamiang (Foto: dok BPBA)
Foto Banjir di Aceh Tamiang (Foto: dok BPBA)
Aceh Tamiang -

Banjir luapan yang merendam Kabupaten Aceh Tamiang, Aceh, meluas ke-11 kecamatan. Sebanyak 4.147 warga dilaporkan mengungsi.

"Total pengungsi di Aceh Tamiang 1.142 kepala keluarga atau 4.147 jiwa. Pengungsi tersebar di tujuh kecamatan," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) Ilyas kepada wartawan, Jumat (22/1/2021).

Ketinggian banjir di sejumlah desa dilaporkan mencapai 150 sentimeter. Ilyas mengatakan banjir di sana disebabkan curah hujan dengan intensitas tinggi sehingga menyebabkan sungai meluap.

Banjir sejak Rabu (20/1) itu diperparah karena adanya tanggul yang pecah di beberapa titik. Petugas BPBA masih mendata korban terdampak banjir.

"Dampak banjir yaitu terendamnya rumah warga di 11 kecamatan dan pecahnya tanggul," jelas Ilyas.

Bupati Aceh Tamiang Mursil sudah berkunjung ke sejumlah lokasi terdampak banjir. Mursil menyebut hanya satu kecamatan yang tidak tergenang banjir, yaitu Manyak Payed.

"Tentunya karena hal ini, jumlah pengungsi dipastikan mencapai ribuan orang dan yang paling disayangkan ialah banyaknya padi yang terendam banjir," jelas Mursil dalam keterangannya.

(agse/mae)