TNI Kontak Tembak dengan KKB di Intan Jaya Papua, Masih Berlangsung

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 11:39 WIB
Ilustrasi personel TNI (dok Puspen TNI)
Foto: Ilustrasi personel TNI (dok Puspen TNI)
Jakarta -

Kontak tembak antara TNI dengan kelompok kriminal separatis bersenjata (KKSB) terjadi di Kabupaten Intan Jaya, Papua. Kontak tembak terjadi sejak pagi tadi.

Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kapen Kogabwilhan) III, Kolonel Czi Gusti Nyoman Suriastawa, menjelaskan KKSB terlibat kontak tembak dengan Satuan Tugas Pengaman Perbatasan (Satgas Pamtas).

"Info dari lapangan, benar terjadi kontak tembak antara KKSB dengan Satgas Pamtas di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Intan Jaya mulai pukul 06.30 Wita. Sampai saat ini masih terjadi kontak tembak," kata Kolonel Suriastawa dalam keterangannya, Jumat (22/1/2021).

Dia mengatakan informasi selengkapnya akan disampaikan selanjutnya. "Untuk lebih detailnya akan saya infokan setelah kondisi di lapangan aman terkendali," ujar dia.

Sebelumnya, kontak tembak antara TNI dengan KKSB terjadi pada Minggu (10/1). Seorang anggota Yonif 400/BR, Prada Agus Kurniawan, gugur dalam kontak senjata yang terjadi di Titigi, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

"Kontak senjata terjadi sekitar pukul 11.40 WIT. Korban terkena tembakan di bagian punggung," kata Danrem 173 PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan, seperti dilansir Antara, Senin (11/1).

Brigjen Iwan mengatakan korban bertugas di Pos Titigi yang berjarak sekitar 5 kilometer dari Sugapa, Ibu Kota Kabupaten Intan Jaya.

Dia menjelaskan, kondisi alam di lokasi tersebut bergunung-gunung. Jenazah korban sudah dievakuasi ke Timika dengan menggunakan helikopter milik TNI AU.

Simak video 'Intan Jaya Bergejolak Lagi, 1 TNI Gugur':

[Gambas:Video 20detik]



(jbr/idh)