Venue Digital Ready Bisa Bikin Virtual Event Lancar? Ini Alasannya

Inkana Putri - detikNews
Jumat, 22 Jan 2021 10:34 WIB
Trans Studio Cibubur
Event Wisuda Virtual di Trans Studio Cibubur (Foto: Dok. Trans Studio Cibubur)
Jakarta -

Adanya pandemi COVID-19 membuat banyak kegiatan harus dilakukan secara virtual. Tak hanya di bidang pendidikan saja, event hiburan pun terpaksa digelar secara virtual. Adapun hal ini memang perlu dilakukan untuk menghindari terjadinya kerumunan sekaligus demi mencegah penyebaran virus.

Virtual event seperti meeting, konser maupun acara hiburan lainnya kini menjadi sebuah tren selama pandemi. Tak heran jika beberapa event organizer berlomba-lomba menghadirkan virtual event yang tak kalah menarik dibandingkan event yang berlangsung off-air.

Namun, untuk membuat virtual event berjalan lancar, venue tentu menjadi salah satu faktor terpenting. Bahkan, demi menunjang virtual event, venue juga harus digital ready atau dilengkapi dengan teknologi modern.

Lalu, seperti apa sebenarnya venue yang digital ready dan seberapa penting untuk virtual event? Berikut ulasannya dikutip dari berbagai sumber.

1. Koneksi Internet Memadai

Trans Studio CibuburPelaksanaan Virtual Event di Trans Studio Cibubur Foto: Dok. Trans Studio Cibubur

Untuk menyelenggarakan virtual event, koneksi internet yang bisa diandalkan menjadi unsur terpenting. Bahkan, tanpa adanya koneksi internet, virtual event rasanya tak akan bisa dilaksanakan.

Venue yang digital ready biasanya sudah menyiapkan koneksi internet yang memadai untuk mengadakan virtual event. Tentu saja koneksi internet yang ditawarkan juga punya kecepatan yang tidak main-main. Kecepatan internet yang cepat memang diperlukan guna menghindari gangguan internet.

2. Perlengkapan Entertainment Lengkap

Trans Studio CibuburFoto: Instagram.com/@transstudio.cibubur

Beberapa virtual event tentu sering kali menyelipkan sesi hiburan atau entertainment. Hal ini tentu perlu teknologi virtual yang mumpuni sehingga sesi tersebut berjalan lancar tanpa hambatan.

Apalagi sesi entertainment biasanya membutuhkan banyak perlengkapan dan teknologi modern. Seperti halnya sound untuk musik, properti untuk menari, serta teknologi dan perlengkapan entertainment lainnya.

3. Mempermudah Teknis Acara

Trans Studio CibuburPelaksanaan Virtual Event di Trans Studio Cibubur Foto: Dok. Trans Studio Cibubur

Selama virtual event, tentunya ada beberapa aspek yang diperlukan, salah satunya teknis acara. Untuk meminimalisir kejadian yang tak diinginkan, venue juga harus memastikan kemudahan dalam mengatur teknologi virtual selama acara berlangsung.

Venu yang digital ready biasanya akan menyediakan fasilitas dan teknologi yang memadai bagi operator. Dengan demikian, bagian operator mampu mengoperasikan teknologi dengan mudah saat acara berlangsung.

4. Menciptakan Interaksi Lebih Dinamis

Trans Studio CibuburPelaksanaan Virtual Event di Trans Studio Cibubur Foto: Dok. Trans Studio Cibubur

Virtual event tentu akan berjalan sukses jika interaksi pengisi acara dengan audiens lebih dinamis tanpa adanya gangguan koneksi internet atau teknis lainnya. Venue yang digital ready biasanya dilengkapi teknologi yang canggih sehingga interaksi dengan audiens pun bisa lebih dinamis. Hal inilah juga yang membuat acara virtual event berlangsung sukses.

5. Membuat Event Semakin Menarik

Trans Studio CibuburPelaksanaan Kompetisi E-Sport di Trans Studio Cibubur Foto: Dok. Trans Studio Cibubur

Untuk dapat menarik para audiens, virtual event juga harus didukung dengan teknologi yang canggih seperti LED, serta panggung yang megah. Biasanya fasilitas tersebut telah tersedia dalam venue digital ready seperti halnya panggung Amphitheatre di Trans Studio Cibubur.

Tak hanya megah, panggung Amphitheatre juga dilengkapi dengan LED untuk VR maupun 3D mapping. Dengan begitu, virtual event yang berlangsung juga bisa keren layaknya event off-air pada umumnya.

Memiliki venue yang digital ready, Trans Studio Cibubur dan Trans Studio Bandung juga dapat digunakan untuk berbagai virtual event seperti konser, graduation, product launching, kompetisi e-sport dan masih banyak lainnya. Apalagi Trans Studio Cibubur dan Trans Studio Bandung punya panggung megah, yang tentunya bakal membuat virtual event jadi makin menarik.

(akn/ega)