Gempa M 7,1 di Timur Laut Sulut, Aktivitas Warga Manado Normal

Angle Rawis - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 20:10 WIB
Manado -

Gempa dengan magnitudo 7,1 mengguncang Timur Laut Sulawesi Utara (Sulut). Pusat gempa ada di 134 km timur laut dari Melonguane, Sulawesi Utara dengan kedalaman 154 km.

Pantauan detikcom di Manado, Kamis (21/1/2021) pukul 20.55 WITA, warga tetap beraktivitas normal. Sejumlah warga juga tidak merasakan gempa.

Terlihat, warga masih beraktivitas seperti biasa. Tidak ada warga Manado yang heboh berhamburan ke luar rumah.

Warga yang merasakan adanya gempa hanya saling berbicara menginformasikan kalau dirinya merasakan ada guncangan. Tak terlihat kepanikan pada warga.

Diketahui, jarak Talaud ke Manado sektiar 383 km. Bila menggunakan kapal membutuhkan waktu satu malam.

Sebelumnya, gempa dengan magnitudo 7,1 mengguncang Timur Laut Sulawesi Utara (Sulut). Gempa dirasakan kuat di Melonguane hingga Gorontalo.

Informasi ini disampaikan BMKG, Kamis (21/1/2021). Gempa dirasakan dengan skala IV MMI di Melonguane, IV Tahuna, IV Ondong, III Manado, IV Bitung, II Bolaang Uki, II-III Gorontalo, II-III Halmahera Utara, dan II-III Galela.

Gempa skala IV MMI artinya dirasakan oleh orang banyak dalam rumah, di luar oleh beberapa orang, gerabah pecah, jendela/pintu berderik dan dinding berbunyi. Sementara skala II MMI getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu.

Lalu skala II MMI diartikan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Gempa terjadi pada pukul 19.23 WIB. Pusat gempa ada di 134 km timur laut dari Melonguane, Sulawesi Utara dengan kedalaman 154 km.

Titik koordinat gempa berada di 4,98 Lintang Utara dan 127,38 Bujur Timur.

(man/man)