Lukisan Tertua di Dunia Ada di Sulsel, Arkeolog: Bukti Leluhur Kita Cerdas

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 14:53 WIB
Geopark Maros Pangkep
Foto: Lokasi ditemukannya lukisan tertua di dunia (Dokumentasi BP Geopark Maros-Pangkep).
Pangkep -

Arkeolog menemukan lukisan hewan dan cap tangan tertua di dunia yang berada di sebuah gua di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan (Sulsel). Penemuan ini dianggap sangat penting karena bukti Indonesia miliki peradaban tertua di dunia.

"Saya kira selama ini euforia tentang peradaban leluhur manusia modern itu kan Perancis dan Eropa. Menganggap selalu leluhur mereka yang cerdas yang buat lukisan tetua, dan itu bergeser ke Indonesia khususnya ke Sulawesi. Ini jadi kebanggaan bahwa leluhur kita cerdas dan pandai," kata Arkeolog Sulsel, Budianto Hakim saat dimintai konfirmasi wartawan, Kamis (21/1/2020).

Budi memperkirakan manusia pertama yang sampai ke Sulawesi sekitar 70 ribu tahun lalu dari berasal Afrika. Menurutnya, tidak menutup kemungkinan masih ada lukisan yang lebih tua lagi di wilayah Sulsel.

"Kemungkinan bahwa di tempat yang lain ada yang lebih tua lagi karena metode yang kita pakai baru dulu. Tidak menutup kemungkinan kita temukan lukisan, bisa jadi umur-umur akan bergeser terus," imbuhnya.

Dia menyebut 3 lukisan yang berumur 45.500 tahun lalu ini masih belum terjaga dengan baik. Saat ini pihak Balai Pelestarian Cagar Budaya menutup akses untuk publik ke lukisan itu agar tidak rusak. Ada 3 lukisan di Leang Tedongnge, Pangkep yang saat ini menarik perhatian para arkeolog dunia, yaitu gampar babi dan cap tangan manusia.

"Bisa jadi kita ke depannya akan menemukan lukisan lain seperti gambar manusia, perahu, atau geometri yang lebih tua," kata dia.

Budianto menyebut penemuan lukisan ini masih tahap awal. Pasalnya pihaknya juga belum melakukan penggalian-penggalian di sekitar penemuan lukisan tertua itu.

"Kita belum melakukan penggalian karena baru survei permukaan saja," ungkapnya.

(tfq/nvl)