detikcom Do Your Magic

Warga Keluhkan Drainase Jadi Biang Kerusakan Jl Raya Cikaret, Bogor

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 09:59 WIB
Jl Raya Cikaret di Kabupaten Bogor, rusak. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Jalan Raya Cikaret di Kabupaten Bogor rusak. (Afzal Nur Iman/detikcom)
Kabupaten Bogor - Warga setempat mengeluhkan masalah drainase menjadi penyebab Jalan Raya Cikaret, Kabupaten Bogor, rusak. Air yang tak bisa ditampung drainase atau selokan menggenangi jalan sehingga merusaknya.

"Sudah lama, semenjak selokan nggak berfungsi saja. Dulu kan selokan dicor, jadi pekerjaan itu tidak dikeruk dulu, jadi langsung main dicor saja di atas, jadi penyumbatan air tuh. Airnya keluar di jalan, jadi rusak tuh jalanan," kata Abdul Kholik, warga sekitar, di Jalan Cikaret, Harapan Jaya, Cibinong, Kabupaten Bogor, saat ditemui di lokasi Rabu (20/1).

Masalah drainase ini juga diamini oleh pejabat Kecamatan Cibinong. Dia mengakui ada masalah drainase di lokasi kerusakan.

"Kalau dilihat, itu drainasenya kurang baik juga," ujar Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Cibinong Juarsih Haryani saat dihubungi, Rabu (20/1/2021).

Kerusakan jalan disebut pengurus RT setempat sudah dilaporkan ke kelurahan. Diharapkan perbaikan jalan bisa segera terealisasi.

"Intinya, ini sudah dilaporkan ke kelurahan saat Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan)," kata Iwan Hamdi, Ketua RT 01/RW 06 Kelurahan Harapan Jaya, Cibinong, Kabupaten Bogor, saat ditemui di rumahnya, Rabu (20/1).

Diketahui, jalan rusak ini adalah akses menuju Jalan Raya Bogor-Jakarta. Angkutan kota (angkot) nomor 32 rute Cibinong-Pagelaran, nomor 35 Cibinong-Bambu Kuning, dan angkot nomor 38 Cibinong. Jalan ini juga menjadi akses warga menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibinong. (aik/dnu)