KontraS Harap Pergantian Kapolri Jadi Momen Perbaikan Institusi Polri

Matius Alfons - detikNews
Kamis, 21 Jan 2021 08:15 WIB
Komjen Listyo Sigit Prabowo mengikuti fit and proper test calon Kapolri di Komisi III DPR
Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo (Foto: dok. DPR)
Jakarta -

Komisi Untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS) menyambut baik terkait Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai Calon Kapolri pengganti Jenderal Idham Aziz. KontraS berharap pergantian Kapolri menjadi momen perbaikan institusi Polri.

Awalnya, Peneliti KontraS, Rivanlee Anandar menyinggung soal Komjen Sigit sebagai mantan Kadiv Propam Polri. Rivanlee menilai pengalaman Komjen Sigit tersebut seharusnya dapat memperbaiki internal Polri lebih baik.

"Secara umum, pengalaman menjadi Kadiv Propam Polri sudah semestinya dapat memperbaiki sektor pengawasan internal polisi dan dapat membaca sejumlah permasalahan yang hadir di tubuh Polri. sedangkan, kedekatan dengan presiden (karena bekas ajudan) dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki reformasi sektor keamanan," kata Rivanlee saat dihubungi, Rabu (20/1/2021).

Rivanlee lalu memberikan sejumlah masukan berdasarkan catatan KontraS selama setahun terakhir kepada Komjen Sigit. Hal pertama yang disinggung yakni terkait diskresi Polri yang sewenang-wenang.

"Keleluasaan Polri untuk mengeluarkan diskresi tidak digunakan dengan baik untuk mengisi kekosongan hukum. Terlebih lagi, kewenangan penggunaan diskresi tidak diikutsertakan dengan parameter yang terukur. Diskresi ini mewujud dalam sejumlah kebijakan yang pada praktiknya justru membatasi kebebasan sipil bahkan melangkahi wewenang lembaga legislatif," ucapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2