Round-Up

Gempar Munculnya Buaya Usai Sepekan Hujan Guyur Makassar

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 23:06 WIB
Melihat Buaya Buntung di Bekasi, Diyakini Punya Kekuatan Supranatural
Ilustrasi kemunculan buaya di permukiman. (Andi Saputra/detikcom)
Makassar -

Kemunculan buaya menggemparkan warga Jalan Tamangapa Raya, Kecamatan Manggala, Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Namun predator itu berhasil kabur saat petugas pemadam kebakaran (damkar) hendak menangkapnya.

"Tugasnya tim rescue damkar terkhusus penanganan buaya adalah mengeksekusi dan mengevakuasi penangkapan keberadaan buaya yang berada di tengah-tengah permukiman yang mengancam bagi manusia," ujar Kabid Ops Damkar Makassar, Hasanuddin, di lokasi, Rabu (20/1/2021).

Pantauan detikcom, tampak petugas damkar yang menerima laporan warga tengah mencari buaya di wilayah yang digenangi air, di belakang permukiman warga. Lokasi kemunculan buaya tersebut merupakan tanah mirip petakan sawah yang terendam air akibat hujan deras mengguyur Kota Makassar selama sepekan.

Petugas damkar Makassar sempat akan menjerat bagian moncong buaya dengan tali yang diikat di alat khusus. Namun seketika tali tersebut putus digigit buaya.

Setelah lolos dari jeratan tali, buaya langsung kabur. Saat buaya kabur, warga dan petugas sempat kembali memberinya umpan ayam.

Namun upaya itu gagal karena buaya tersebut diduga telah kembali ke habitatnya melalui sungai yang berada di dekat genangan.

Petugas damkar Makassar akhirnya menghentikan pencarian. Hasanuddin menuturkan akan kembali melakukan pencarian jika buaya muncul lagi di darat.

"Anggota persiapan balik kanan, karena si buaya kabur ke habitatnya ji juga, kecuali kabur ke permukiman mungkin terus ji melakukan pencarian," imbuhnya.

Petugas mencari buaya yang muncul di genangan air di belakang rumah warga di Makassar (Ibnu Munsir/detikcom).Petugas mencari buaya yang muncul di genangan air di belakang rumah warga di Makassar. (Ibnu Munsir/detikcom)
(aud/aud)