Satpol PP Gowa Amankan 4 Remaja Galang Donasi Gempa Sulbar Diduga untuk Mabuk

Ibnu Munsir - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 17:15 WIB
4 Remaja di Gowa yang diamankan karena melakukan penipuan penggalangan dana gempa Sulbar (dok. Istimewa).
Empat remaja di Gowa yang ditangkap karena melakukan penipuan penggalangan dana gempa Sulbar. (Foto: dok. Istimewa)
Gowa -

Empat remaja anak jalanan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan (Sulsel), ditangkap petugas Satpol PP setelah melakukan penipuan penggalangan dana untuk korban gempa Sulawesi Barat (Sulbar). Uang yang didapatkan dari penggalangan dana tersebut diduga mau dipakai mabuk dan ngelem.

"Intinya untuk kepentingan pribadi, tapi besar kemungkinan untuk mabuk, isap lem. Kan anak-anak seperti itu kerjanya begitu," ujar Kasatpol PP Gowa Alimuddin Tiro saat dimintai konfirmasi wartawan, Rabu (20/1/2021).

Meski sudah melakukan penggalangan dana, saat mereka ditangkap, kardus penampung uang penggalangan dana masih kosong.

"Kardus-kardus yang dipakai untuk cari donasi itu masih kosong, belum ada uangnya. Jadi mereka kita bina. Kalau seandainya ada uangnya, kita proses hukum saja, suruh disidik saja," katanya.

Keempat anak jalanan tersebut ditangkap petugas Satpol PP Gowa di Jalan KH Agus Salim, Gowa pada Selasa (19/1) sekitar pukul 15.00 Wita. Saat itu gerak-gerik keempat remaja melakukan penggalangan dana mencurigakan.

"Sampai di kantor kita interogasi, ternyata niat mereka minta donasi hanya demi kepentingan pribadi," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Trantib Satpol PP Gowa Rizky menegaskan keempat remaja tersebut belum sempat mendapatkan uang dari penggalangan dana yang dilakukan. Hal ini berdasarkan interogasi dan pengecekan kepada 4 remaja tersebut.

"Kita sudah periksa semua belum ada dia dapatkan uang. Hanya isinya uang receh koin dan ada selembar uang Rp 2.000. Tapi sebelumnya sempat beraksi katanya di Toko Agung Makassar," kata Rizky.

(nvl/idh)