Simpan Sabu dalam Sandal untuk Dibawa ke Kendari, 4 Pria Ditangkap di Medan

Datuk Haris Molana - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 15:08 WIB
Konferensi pers di Polrestabes Medan (Datuk-detikcom)
Konferensi pers di Polrestabes Medan (Datuk/detikcom)
Medan -

Polisi menangkap empat pria di salah satu hotel di Medan, Sumatera Utara (Sumut). Mereka diciduk karena diduga akan menyelundupkan 415 gram sabu ke Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Petugas menangkap empat pria dengan barang bukti 415 gram sabu," kata Wakapolrestabes Medan AKBP Irsan Sinuhaji di Medan, Rabu (20/1/2021).

Irsan mengatakan penangkapan dilakukan setelah polisi mendapat informasi pada Selasa (19/1) dini hari. Polisi kemudian mendatangi salah satu hotel di Medan Sunggal dan menggeledah empat orang. Hasilnya, polisi menemukan 415 gram sabu.

"Berdasarkan hasil penyelidikan anggota ke lokasi, masuk ke hotel, di dalam ditemukan empat orang pelaku. Selanjutnya dilakukan penggeledahan, ditemukanlah barang bukti yang diduga sabu seberat 415 gram," ujar Irsan.

Irsan menyebut sabu itu disimpan terpisah dalam dua kemasan, termasuk dimasukkan ke sandal. Keempat orang yang ditangkap adalah IS (23), TA (24), MI (22), dan SY (20). Mereka warga asal Aceh.

"Yang mana sabu ini sudah terpisah dalam dua bentuk kemasan. Kemasan plastik dan satu lagi dikemas dalam sandal. Untuk diketahui bahwa sengaja para pelaku ini memodifikasi sandal untuk menyamarkan barang bukti karena rencananya akan didistribusikan ke Kendari melalui jalur udara. Imbalannya Rp 12 juta untuk membawa sabu tersebut ke Kendari," ujar Irsan.

Atas perbuatannya, para pelaku dijerat Pasal 114 ayat 2 sub Pasal 112 ayat 2 UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman 20 tahun penjara.

(haf/haf)