Pemprov DKI Ungkap Data: 1/4 Pasien COVID RS di Jakarta dari Bodetabek

Muhammad Ilman Nafian - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 11:24 WIB
Suasana terkini Balai Kota, Jakarta Pusat, Selasa (1/12). Kantor Gubernur DKI Jakarta terpaksa harus tutup pasca Anies Baswedan positif dinyatakan COVID-19 berdasarkan hasil tes usap yang dilakukan Senin (30/11).  Sementara itu gedung utama Balai Kota yang terpisah dari kantor Gubernur Anies Baswedan tetap buka dengan menerapkan protokol kesehatan
Balai Kota DKI (Pradita Utama/detikcom)
Jakarta -

Kapasitas rumah sakit rujukan COVID-19 di Jakarta sudah hampir penuh. Saat ini, kapasitas rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI tinggal 13 persen.

Hal itu disampaikan Pemprov DKI melalui akun Instagram-nya, @dkijakarta. Data tersebut diunggah pada Selasa (19/1) kemarin.

"Berikut gambaran terkini kondisi rumah sakit di Jakarta. Kapasitas tersisa 13% lagi untuk menampung pasien COVID-19, baik yang berasal dari Jakarta maupun luar Jakarta," tulis @dkijakarta seperti dilihat detikcom, Rabu (20/1/2021).

Dalam unggahan tersebut, Pemprov DKI Jakarta menyebut jumlah pasien itu tidak semua warga Jakarta. Ada juga warga Bodetabek yang dirawat di rumah sakit rujukan COVID-19 di DKI.

"RS di Jakarta hampir penuh, seperempat pasien asal Bodetabek per tanggal 17 Januari 2021," katanya.

[Gambas:Instagram]



Wagub DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan Pemprov DKI tidak membedakan warga yang hendak masuk ke rumah sakit di Jakarta. Semua orang akan dilayani dengan baik.

"Jadi yang saya sampaikan, apapun kondisi rumah sakit di Jakarta itu penuh, salah satunya disebabkan memang 27-30 persen itu diisi oleh warga non-Jakarta dalam melayani kami tidak pernah membedakan apa warga Jakarta atau non-Jakarta, semua adalah saudara kita, keluarga besar kita, bangsa Indonesia," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Selasa (19/1).

Hingga Selasa (19/1), Pemprov DKI mencatat total kasus Corona di Jakarta sebanyak 232.289 orang. Saat ini masih ada 19.215 orang di Jakarta yang masih positif Corona.

Selain itu, total yang sembuh sebanyak 206.856 orang. Kemudian orang yang meninggal dunia akibat terpapar virus Corona sebanyak 3.836.

Simak video 'Zona Merah Corona RI Meroket, Jateng Paling Banyak':

[Gambas:Video 20detik]



(man/imk)