6 Fakta Gempa Guncang Gunungkidul Terasa hingga Bagian Timur Jawa

Hestiana Dharmastuti - detikNews
Rabu, 20 Jan 2021 10:33 WIB
Ilustrasi gempa bumi (iStock)
Foto ilustrasi gempa bumi. (iStock)

Belum Ada Laporan Efek Kerusakan Gempa

BMKG mengungkapkan belum mendapat laporan efek kerusakan gempa Gunungkidul.

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setyo Prayitno, dalam keterangannya, Rabu (20/1/2020).

Gempa Susulan Belum Termonitor

BMKG mendata, hingga pagi ini, belum ada laporan soal gempa susulan.

"Hingga hari Rabu, 20 Januari 2021 pukul 04.35 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setyo Prayitno, dalam keterangannya, Rabu (20/1/2020)

Warga Diimbau Hindari Bangunan Rusak

BMKG mengimbau warga tetap tenang menyusul gempa M 5,0 di Gunungkidul.

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG, Bambang Setiyo Prayitno dalam keterangan tertulis, Rabu (20/1/2021).

BMKG meminta warga menghindari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa di Gunungkidul. Selain itu, warga diimbau memastikan keamanan bangunan tempat tinggalnya.

"Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum Anda kembali ke dalam rumah," tutur Bambang.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3