2 Bulan Gubernur Aceh Nova Iriansyah, Posisi Wagub Masih Kosong

Agus Setyadi - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 18:23 WIB
Gubernur Aceh Nova Iriansyah disuntik vaksin Corona (Agus Setyadi-detikcom)
Gubernur Aceh Nova Iriansyah disuntik vaksin Corona. (Agus Setyadi/detikcom)
Banda Aceh -

Nova Iriansyah sudah dua bulan dilantik sebagai Gubernur Aceh sisa masa jabatan 2017-2022. Namun posisi wakil gubernur (wagub) hingga kini masih kosong.

"Belum ada progres," kata Ketua DPD PDIP Aceh Muslahuddin Daud saat ditanya perkembangan pembahasan usulan nama cawagub oleh partai pengusung, Selasa (19/1/2021).

Ada ada lima partai pengusung pasangan Irwandi Yusuf-Nova Iriansyah pada Pilkada 2017. Kelima partai adalah Partai Demokrat, PKB, Partai Nanggroe Aceh, Partai Daerah Aceh, dan PDIP.

Petinggi partai pengusung sudah beberapa kali menggelar pertemuan di Jakarta. Pertemuan pertama pada Sabtu (12/12/2020) diikuti empat pimpinan partai minus Partai Demokrat.

Dalam pertemuan tersebut disepakati posisi wagub harus segera diisi. Calonnya diusulkan berasal dari partai pengusung. Para pimpinan partai juga disebut sudah menetapkan kriteria cawagub.

Pertemuan kedua digelar pada Selasa (15/12/2020) dan diikuti oleh semua partai pendukung. Nova ikut dalam pertemuan sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Aceh.

Sekjen Partai Nanggroe Aceh (PNA) Miswar Fuady belum menjawab konfirmasi detikcom terkait perkembangan pembahasan cawagub. Namun pada awal Januari, dia menyebut pembahasan di tingkat partai pengusung belum serius dilakukan.

"Belum (ada nama cawagub untuk diajukan ke Gubernur Aceh). Belum serius untuk mendiskusikan posisi wagub," kata Miswar, Senin (4/1).

Sebelumnya, Nova resmi dilantik sebagai Gubernur Aceh pada Kamis (5/11). Pelantikan dihadiri langsung oleh Mendagri Tito Karnavian.

Nova, yang sebelumnya menjabat Plt Gubernur Aceh, dilantik untuk menggantikan Irwandi Yusuf, yang dipecat Presiden Joko Widodo (Jokowi). Irwandi dipecat setelah putusan kasus korupsinya inkrah atau berkekuatan hukum tetap.

Gubernur Nova menyerahkan pemilihan calon wakil gubernur (cawagub) yang bakal mendampinginya kepada partai pengusung.

"Cawagub itu domainnya partai pengusung. Nanti akan ada forum yang membahas ini di kalangan partai pengusung," kata Nova kepada wartawan, Rabu (11/11/2020).

(agse/gbr)