Golkar Dalami Makalah Komjen Sigit Saat Uji Calon Kapolri Besok

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 19 Jan 2021 17:20 WIB
Jakarta -

Komisi III DPR RI akan menggelar uji kelayakan calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo. Fraksi Partai Golkar akan memberikan pertanyaan seputar isi makalah dan visi-misi Komjen Listyo.

"Kami dari Fraksi Partai Golkar tentu akan bertanya tidak jauh dari isi makalah dan visi-misi calon Kapolri," ujar anggota Fraksi Partai Golkar, Supriansa, kepada wartawan, Selasa (18/1/2021).

Supriansa tidak mau memerinci kisi-kisi materi yang akan ditanyakan Golkar kepada Komjen Listyo besok. Ia hanya menegaskan garis besar pembahasan terkait tugas pokok dan fungsi (tupoksi) lembaga kepolisian di tengah masyarakat.

"Kita akan lihat besok ya. Belum waktunya dibocorkan. Ya terkait tupoksi kepolisian secara umum di tengah-tengah masyarakat," ucap anggota Komisi III DPR RI itu.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengajukan calon Kapolri, Komjen Listyo Sigit Prabowo. Uji kelayakan dan kepatutan atau fit and proper test akan digelar Rabu, 20 Januari 2021, oleh Komisi III DPR.

Makalah calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo diserahkan ke Komisi III DPR RI. Makalah itu akan digunakan saat fit and proper test atau uji kepatutan Komjen Sigit selaku calon Kapolri. Kapolda Aceh Irjen Wahyu Widodo, Kapolda Jarim Nico Afinta, dan Kadiv Propram Polri Irjen Ferdi Sambo menyerahkan makalah calon Kapolri itu di ruang Rapat Komisi III, kompleks gedung MPR/DPR.

"Jadi kegiatan hari ini kita adalah menyerahkan naskah fit and proper test yang besok akan dilaksanakan, intinya itu saja. Kami hanya datang ke sini cuma mau menyerahkan itu mewakili calon Kapolri," ujar Irjen Wahyu.

(hel/gbr)